Dibanding Masker, Bersihkan HP Lebih Efektif Cegah Virus COVID-19

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Pixbay/helloolly

VIVA – Wabah virus corona COVID-19 yang sudah menyebar ke 24 negara membuat banyak orang waspada. Segala bentuk pencegahan dilakukan agar penyebaran virus berbahaya itu tak semakin meluas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan masker dan menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan. Selain itu, praktisi medis juga menyarankan agar berhati-hati dengan setiap permukaan benda yang kalian sentuh, termasuk handphone atau smartphone yang selalu dipegang kapanpun.

Kenneth Ma, direktur medis di MOH Singapura baru-baru ini merilis pernyataan yang berbunyi, "benda paling umum yang kamu pegang adalah ponsel, jadi kamu harus pastikan kalau kamu membersihkan permukaan ponsel saat menyentuhnya."

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut Straits Times, direktur itu bahkan mengatakan bahwa menjaga kebersihan ponsel kamu lebih penting daripada memakai masker.

"Benda yang paling sering disentuh adalah ponsel kamu, jadi memakai masker bukan hal yang paling penting," ujarnya seperti dikutip laman World of Buzz.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Penggunaan ponsel sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang jadi benda ini sudah seperti kebutuhan dalam kehidupan sehar-hari. Tapi, banyak yang tidak memperhatikan dengan apa yang kita sentuh sebelum mengambil ponsel atau setelah kita menyentuhnya tanpa menyadari sudah seberapa banyak bakteri yang tertinggal di permukaan layar ponsel.

Faktanya, para ilmuwan di University of Arizona sudah melakukan studi yang secara mengejutkan mengungkap bagaimana ponsel membawa 10 kali lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024