Dua WNI Positif COVID-19 Sudah Membaik, Menkes: Bisa Sembuh Sendiri

Menkes Agus Terawan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut bahwa kondisi dua WNI yang positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 kini mulai berangsur membaik. Meski demikian, ia menambahkan bahwa diperlukan pemeriksaan ulang untuk memastikan kondisi keduanya. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Kondisinya baik banget, sebenarnya kalau mau dipulangkan ya pulangkan karena itu, tapi kan saya harus cek lagi saya swab ulang biasanya setelah 5 hari kita swab ulang biasanya negatif kalau sudah dalam perawatan itu cepat sekali," ungkap Menkes saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Infkesi Sulianti Saroso, Senin, 2 Maret 2020. 

Ia mengatakan bahwa untuk perawatannya sendiri mirip dengan penyakit flu pada umumnya. Pasien akan diberikan makanan dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Bukan diberi antibiotik, karena ini bukan karena bakteri, ini kan karena kena virus. Jadi imunitasnya dinaikkan sudah pasti sembuh sendiri namanya self limited disease," kata Terawan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan, dua warga negara Indonesia (WNI) di Indonesia positif virus corona atau COVID-19. Mereka ada di Tanah Air dan sudah dirawat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dengan begitu, status Indonesia sebagai negara yang bebas corona, kini tidak lagi berlaku. Jokowi menjelaskan, awalnya bermula dari pengakuan warga Jepang yang mengatakan dia usai mengunjungi Indonesia dan dinyatakan positif corona.

Setelah itu, dilakukan penelusuran oleh tim. Hingga akhirnya ditemukan dan WNI ini positif.

"Ditelusuri dan ketemu. Sudah ditemukan ternyata orang yang telah terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang. Seorang ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Kita cek pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapati laporan dari menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," jelas Presiden Jokowi, di Istana Merdeka Jakarta, Senin 2 Maret 2020 dilansir dari VIVAnews. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya