Selain Cuci Tangan, Rajin Bersihkan Rumah Juga Kunci Cegah Corona

Ilustrasi membersihkan rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dunia tengah menghadapi pandemi virus corona (COVID-19). Dengan situasi seperti ini banyak negara memutuskan untuk lockdown, sebagian juga memilih untuk menerapkan sistem social distancing.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baik opsi lockdown maupun social distancing sama-sama bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas dengan tidak keluar rumah jika tidak ada keadaan mendesak. Bukan hanya itu, disamping menjaga jarak sosial, mencuci tangan, menggunakan masker ketika sakit, menjaga kebersihan rumah juga menjadi penting.

Dikutip dari laman New York Post, masyarakat disarankan untuk selalu membersihkan rumah setiap hari. Penting juga untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh oleh orang-orang yang tinggal di dalam satu rumah, seperti kenop pintu, sakelar lampu, pintu lemari es dan microwave, laci, remote TV, meja tempat memasak dan makan, gagang toilet, dan pegangan keran. Kemudian terakhir, bersihkan kamar mandi.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kamu bisa menggunakan beberapa tetes sabun cuci piring dengan tambahan air sekitar 200 mililiter. Menggosok permukaan secara menyeluruh yang sering disentuh, dengan air sabun efektif dalam menghilangkan virus corona dan kuman lain dari permukaan. 

“Saya berusaha untuk tidak menjadi neurotik tentang hal itu. Tapi cuci tanganmu ketika sampai di rumah, dan cobalah untuk membersihkan beberapa area yang sering disentuh itu. Itu saran yang bagus bahkan saat tak ada virus corona," kata Dr. Kryssie Woods, ahli epidemiologi rumah sakit dan direktur medis pencegahan infeksi di Mount Sinai West di New York.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Disarankan, untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah kamu membersihkan rumah. Untuk memastikan rumah tetap bersih, kalian perlu memastikan ketika sampai di rumah, lepas sepatu, ganti baju dan segera cuci tangan selama 20 detik, lalu mandi jangan duduk atau berleha-leha sebelum membersihkan diri.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024