Ngeri, Pakai Sarung Tangan Malah Bisa Tularkan Virus Corona

masker dan sarung tangan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Selain masker dan hand sanitizer, sarung tangan lateks maupun plastik menjadi barang paling dicari beberapa pekan ini sebagai pelindung dari penularan virus corona. Namun, benarkah sarung tangan dapat membantu mencegah virus corona?

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Sarung tangan plastik dipakai untuk belanja keluar rumah, tidak dapat cegah corona. Hanya cegah kontak langsung saja tapi berpotensi menularkan ke orang lain," ujar dokter spesialis okupasi, dr. Nusye E Zamsiar, MS, SpOk dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Rabu 15 April 2020.

Bahannya yang longgar dan tipis membuat sarung tangan mudah robek. Selain itu, pemakaiannya yang tak menggunakan etika, seperti memegang banyak benda tanpa kebersihan, malah lebih berbahaya menularkannya pada orang sekitar.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Seandainya pegang benda yang ada droplets mengandung virus, lalu bisa nempel ke benda lain dan menularkan. Misal, pegangan bahan belanja yang ada virus lalu pegang juga ke pintu transportasi umum, jadi menyebar," jelasnya.

Untuk itu, ia menyarankan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Nusye juga tak mengimbau pemakaian sarung tangan jenis lateks karena lebih dibutuhkan oleh tenaga medis.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Sarung tangan lateks memang bisa cegah corona. Tapi hanya diutamakan dipakai oleh petugas-petugas saja bukan masyarakat awam," kata dia.

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024