AC Tingkatkan Penularan Virus Corona, Ini Aturan Suhu Ideal di Rumah

Ilustrasi AC/pendingin ruangan.
Sumber :
  • Pixabay/triosolution1

VIVA – Penggunaan air conditioner atau AC menjadi salah satu cara paling populer untuk mengusir hawa panas di rumah. Tapi, di tengah pandemi COVID-19 seperti ini muncul beberapa laporan yang menyebut bahwa AC bisa meningkatkan penyebaran virus corona.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Dikutip dari laman Times of India, India Society of Heating Refrigerating and Air Conditioner Engineers (ISHRAE) memberikan panduan bagaimana mengatur suhu AC yang ideal. Suhu AC di rumah idealnya beroperasi antara 24-30 derajat Celsius dan kelembapannya seharusnya berada di antara 40-70 persen.

Saran ini juga menganjurkan agar ruangan ber-AC harus memiliki ventilasi yang baik dengan membiarkan jendela sedikit terbuka dan udara dibersihkan dengan penyaringan alami. Jika ada exhaust fan di dekatnya, bisa dinyalakan untuk memberikan ventilasi yang lebih baik.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Panduan itu juga memberikan saran penggunaan pendingin evaporasi (desert coolers) untuk menghalau panas dan menurunkan suhu. Kamu bisa memasukkan penyaring atau filter ke dalam pendingin ini untuk menjauhkan debu dan menjaga higienitas. Penting juga untuk memastikan bahwa pendingin menarik udara dari luar untuk memberikan ventilasi yang baik dan jendela harus dibiarkan terbuka untuk mengurangi kelembapan.

Sementara untuk penggunaan kipas angin, jendela harus dibiarkan terbuka untuk memberikan ventilasi yang baik dan exhaust fan, jika ada di dekatnya, harus dinyalakan untuk alasan yang sama.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Namun, masalah yang lebih besar ada pada pendingin pusat yang biasa ada di mal, gedung perkantoran, rumah sakit, dan area lainnya. Pendingin jenis ini bisa memicu meningkatnya peluang penyebaran virus corona ke orang lain di dalam gedung yang sama jika ada satu orang yang membawa virus itu. Itulah sebabnya untuk fasilitas luar rumah ini, ventilasi dengan udara luar ruangan sangat dianjurkan.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia John Chen.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Taiwan berharap dapat meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang medis.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024