Aturan Berikan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Di masa pandemi COVID-19, konsumsi multivitamin cukup penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya orang dewasa, tapi juga pada anak-anak.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Namun, orangtua tak boleh sembarangan dalam memberikan multivitamin pada anak. Karena, tubuh anak tak sama dengan orang dewasa.

"Anak badannya kecil, karena itu dosisnya harus disesuaikan dengan tubuh anak yang kecil. Jangan sembarang multivitamin dikasih, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter anak," jelas dokter gizi, dr. Samuel Oetoro, SpGk dalam program Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 10 Juni 2020.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Para orangtua juga perlu memperhatikan jenis multivitamin yang diberikan. Multivitamin dewasa tentunya tidak bisa diberikan begitu saja pada anak.

Samuel pun menjelaskan, jenis dan dosis vitamin yang diberikan tergantung pada usia anak. Ada anak yang sudah bisa mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet atau kapsul, namun ada juga yang masih mengonsumsi vitamin dalam bentuk sirop atau ditetes.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Selain itu, ketahui juga dosis yang sesuai dengan kebutuhan anak. Setiap suplemen vitamin pun memiliki dosis yang berbeda.

"Misalnya vitamin A, ada yang tinggi, ada yang rendah. Kalau tinggi, biasanya yang datang ke posyand, dosisnya tinggi karena datang sebulan sekali ke posyandu," kata Samuel.

Samuel juga mengingatkan agar melihat keterangan pada kemasan vitamin yang akan diberikan pada anak. Di sana biasanya akan tertera dosis dan untuk usia berapa vitamin itu bisa diberikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya