Sebabkan Masalah Organ, Jangan Tidur dengan Kepala Menghadap ke Utara

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

VIVA – Tidur merupakan salah satu aktivitas paling vital dari tubuh yang diperlukan untuk membuat kita bisa terbangun di hari berikutnya. Tidur dapat memberi energi kembali pada tubuh dan membantu memulihkan energi yang hilang di siang hari. Karena itu, sangat penting untuk tidur nyenyak dan cukup di malam hari. 

Kemenkumham DKI Bantah Ada Biaya Alas Tidur di Lapas Cipinang

Selain itu, tidur dengan arah yang benar juga tidak kalah penting. Ada mitos yang berkembang yang mengatakan bahwa seseorang harus menghindari tidur dengan kepala mengarah ke utara. Ini adalah fakta, dan ada beberapa alasan yang mendukung hal ini. 

Bumi dan tubuh manusia, keduanya memiliki medan magnetnya sendiri. Medan magnet di Bumi terkonsentrasi di Kutub Utara dan Selatan. Ketika kamu tidur dengan kepala mengarah ke utara, medan magnet tubuh kamu akan mengganggu Bumi. Ini dapat membuat tekanan darah berfluktuasi, bahkan dapat menyebabkan masalah jantung, demikian menurut Times of India

Viral Guru Rekam Muridnya Lagi Tidur

Tidak hanya itu, organ hati juga perlu bekerja lebih keras untuk mengatasi hal ini. Bagi lansia dan seseorang yang memiliki penyakit jantung, berisiko lebih tinggi terjadi perdarahan atau stroke lumpuh. Bahkan, kamu dapat memeriksa sendiri, jika kamu berbaring secara horizontal, denyut nadi kamu akan turun. 

Alasan lain adalah, karena darah kita mengandung banyak zat besi. Ketika kita tidur menghadap ke utara, tarikan magnet dari arah itu menarik besi, yang terakumulasi di otak. Inilah alasan mengapa banyak orang mengeluh sakit kepala saat bangun tidur. 

9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Tidur dengan kepala mengarah ke utara juga dapat mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan gangguan tidur. Untuk mencegahnya, lebih baik hindari tidur dengan kepala menghadap ke utara. 

Arah timur dan selatan adalah arah paling ideal untuk tidur. Tidur dengan kepala menghadap ke selatan, akan membalikkan efek negatif dari arah utara sehingga melindungi kamu dari beberapa masalah kesehatan. Selain itu, tidur menghadap ke selatan juga dapat menjaga tekanan dan sirkulasi darah tetap stabil. 

Saat tidur, disarankan untuk berbaring di sisi kiri. Karena tidur di sisi kiri, dapat membantu mengurangi rasa mulas dan meningkatkan kualitas tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya