Selain Diabetes Omas Juga Sakit Paru-paru, Ini Tanda Peringatannya

Pelawak Omas Wati.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Pelawak senior, Omas Wati, meninggal dunia pada Kamis, 16 Juli 2020. Meski belum diketahui secara pasti penyebab kematiannya, namun dari keterangan pihak keluarga, komedian Betawi itu sudah lama memiliki riwayat penyakit diabetes dan paru-paru. 

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Terkait penyakit paru-paru yang diderita, kita bisa mengenali tanda-tanda awal dari penyakit ini, supaya kita lebih waspada dan bisa melakukan tindakan secepatnya jika merasakan gejala atau tanda peringatan. 

Baca Juga: Kronologi Omas Meninggal, Sudah Tak Mau Dibawa ke Rumah Sakit

Lagi, SYL Minta Pindah Karena Oksigen di Rutan KPK Kurang: Paru-paru Saya Setengah

Dilansir dari situs Lung.org, Jumat, 17 Juli 2020, batuk yang sedikit mengi patut dicurigai. Begitupun jika Kamu mulai mengalami kesulitan bernapas. Terkadang, orang tidak terlalu menghiraukan saat mengalami gejala tersebut. 

Penting untuk memerhatikan gejala-gejala di atas, karena bisa menjadi tanda pertama penyakit paru-paru, termasuk Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), asma dan kanker paru-paru.  Mengetahui tanda-tanda peringatan dini penyakit paru-paru dapat membantu mendapatkan pengobatan lebih awal sebelum penyakit menjadi lebih serius atau mengancam jiwa. 

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Omas Sakit Diabetes dan Paru-paru

Jika Kamu mengalami salah satu dari tanda-tanda peringatan berikut, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin. Deteksi dini bisa menyelamatkan hidup Kamu. Berikut beberapa tanda peringatan dari penyakit paru-paru. 

Batuk kronis

Batuk yang dialami lebih dari sebulan, sudah masuk kategori kronis. Ini adalah gejala awal yang penting yang memberi tahu Kamu, ada sesuatu yang salah dengan sistem pernapasan. 

Napas pendek

Sesak napas setelah berolahraga adalah hal yang tidak normal. Sulit bernapas atau merasakan bernapas sulit keluar, juga merupakan tanda peringatan. 

Produksi lendir kronis

Lendir atau dahak, diproduksi oleh saluran udara sebagai pertahanan terhadap infeksi atau iritasi. Jika produksi lendir berlangsung selama sebulan atau lebih, ini bisa menunjukkan penyakit paru-paru. 

Mengi

Mengi adalah tanda bahwa sesuatu yang tidak biasa menghalangi saluran udara paru-paru Kamu atau membuatnya terlalu sempit. 

Batuk darah

Jika Kamu mengalami batuk darah, itu mungkin berasal dari paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas. Dari mana pun asalnya, itu menandakan masalah kesehatan. 

Nyeri dada kronis

Nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan dan berlangsung selama satu bulan atau lebih, terutama jika memburuk saat bernapas atau batuk, juga merupakan tanda peringatan penyakit paru-paru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya