4 Produk Rumah Tangga Ampuh Bunuh Virus Corona

Ilustrasi pemutih.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Virus corona diketahui dapat bertahan selama hampir 24 jam di permukaan kardus dan tiga hari di permukaan plastik. Studi lain menemukan bahwa virus dapat hidup di permukaan kaca dan logam hingga sembilan hari.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Cara terbaik untuk menghindari infeksi penyakit ini adalah dengan mendisinfeksi secara teratur permukaan-permukaan yang sering disentuh. Kabar baiknya, beberapa produk yang dibutuhkan untuk mendisinfeksi sudah tersedia di dalam rumah. Berikut empat produk rumah tangga yang diklaim dapat membunuh virus corona, dikutip Times of India.

Pemutih

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS, merekomendasikan menggunakan larutan pemutih untuk mendisinfeksi virus. Caranya, campur setengah cangkir pemutih dengan satu galon air.

Baca juga: 91 Ribu Kasus Positif di Indonesia Waspadai 7 Lokasi Rawan Penularan

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pastikan memakai sarung tangan saat menggunakannya. Jangan mencampur pemutih dengan amonia atau bahan kimia lainnya. Setelah dicampur, jangan menyimpan larutan ini lebih dari sehari, karena pemutih akan kehilangan fungsinya bahkan merusak wadah penyimpanannya.

Isopropil alkohol

Untuk membersihkan permukaan yang keras, penggunanaan alkohol 70 persen bisa dimanfaatkan. Bersihkan permukaan dengan deterjen dan air, kemudian oleskan cairan alkohol pada permukaan tanpa mengencerkannya. Diamkan 30 menit, kemudian bersihkan. 

Hidrogen peroksida

Menurut CDC, tiga persen hidrogen peroksida efektif membunuh rhinovirus. Sebagaimana diketahui, rhinovirus lebih sulit dibunuh dibanding virus corona, sehingga cairan ini dapat memecah COVID-19 lebih mudah. 

Tuangkan hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan semprotkan ke atas permukaan yang akan dibersihkan. Diamkan satu menit kemudian bersihkan dengan kain. Hidrogen peroksida berfungsi seperti pemutih sehingga dapat juga digunakan untuk pakaian dan tidak perlu dibilas atau dicuci kembali, karena akan terurai menjadi oksigen dan air. 

Sabun dan air

Mencuci tangan menggunakan sabun dan air sudah menjadi keharusan di masa pandemi ini. Cuci tangan minimal 20 detik dengan sabun dan air hangat dapat menghancurkan virus. Kamu bisa menggunakan sabun apa saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya