Manfaat Madu, Antioksidan Hingga Tingkatkan Imun Lawan COVID-19

Madu
Sumber :
  • https://www.healthline.com/

VIVA – Madu telah digunakan sebagai obat tradisional sepanjang sejarah dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bahkan di beberapa rumah sakit, madu digunakan sebagai pengobatan untuk luka. Namun, semua manfaat madu bisa didapatkan jika mengonsumsi madu mentah, bukan yang sudah dipasteurisasi.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Sebagian besar madu yang dijual di pasaran, sudah dipasteurisasi. Sehingga banyak nutrisi bermanfaat yang ikut hancur dalam proses tersebut. Berikut beberapa manfaat madu mentah, yang sangat bermanfaat di musim pandemi ini, dikutip dari Healthline.

Sumber antioksidan yang baik

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Beberapa jenis madu memiliki antioksidan sebanyak buah dan sayur. Antioksidan diketahui dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Yang berkontribusi pada proses penuaan dan perkembangan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Mengandung antibakteri dan antijamur

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Hasil penelitian menunjukkan madu mentah dapat membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan. Madu secara alami mengandung hidrogen peroksida dan antiseptik. 

Baca juga: 5 Kreasi Tumpeng Bertema HUT RI, Simpel dan Unik

Menyembuhkan luka

Madu terbukti efektif membunuh kuman dan membantu regenerasi jaringan. Hasil studi menunjukkan, madu Manuka dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi infeksi. 

Meredakan sakit tenggorokan

Madu sudah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit tenggorokan. Tambahkan madu ke dalam teh panas dan lemon, saat flu menyerang. Madu juga bermanfaat sebagai pereda batuk. Hasil penelitian menunjukkan, madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan, bahan umum dalam obat batuk yang dijual bebas. Konsumsi langsung satu atau dua sendok teh, tanpa campuran apapun. 

Peningkat imunitas

Sifat antioksidan dan antibakteri dalam madu dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Dalam secangkir air hangat, tambahkan sesendok madu dan perasan setengah lemon. Konsumsi sebelum sarapan untuk mendapatkan manfaatnya. 

Untuk mendapatkan kualitas madu terbaik, salah satunya bisa didapatkan dari budidaya ternak lebah trigona. Diketahui, budidaya lebah trigona bisa menjadi suplemen kesehatan, yang sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas, sebagai 'benteng pertahanan' melawan COVID-19. 

Pemilik CV Trigona Sukses Abadi, Misbahus Surur, mengungkapkan budidaya lebah trigona ternyata mudah dan menguntungkan. Banyak kelebihan yang bisa didapat dari usaha ternak budidaya lebah trigona ini, antara lain hanya membutuhkan modal yang relatif sedikit. 

"Selain itu, usaha ini dikenal dengan usaha yang tidak ribet dan lebah trigona pun tidak mengentup. Untuk harga madunya pun lebih tinggi dibanding madu lebah lainnya. Serta, permintaan pasar untuk madu lebah trigona atau klanceng ini sangat tinggi, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya," ujar Misbahus Surur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya