Solusi Penanganan Pasien Darurat Tanpa Harus ke Rumah Sakit

Ilustrasi dokter.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jennycepeda

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19, mengharuskan kita membatasi aktivitas di luar rumah. Namun, bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan, tentu ada pengecualian. Terlebih, bagi orang-orang yang membutuhkan pertolongan segera atau layanan gawat darurat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menjawab kebutuhan masyarakat di masa pandemi, yang merasa khawatir keluar rumah namun kondisi kesehatannya harus tetap tertangani dengan baik, kini telah hadir inovasi layanan Akses Cepat Gawat Darurat berbasis konsultasi online, yang dikenal dengan layanan Tele-Emergency. 

Layanan ini memberikan kemudahan akses bagi pasien gawat darurat yang membutuhkan pertolongan segera. Melalui teknologi aplikasi berbasis video, masyarakat yang memerlukan pertolongan medis darurat kapan saja dan di mana saja selama 24 jam, dapat teratasi dengan baik.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Studi: Kekebalan Tubuh Pasien Sembuh COVID-19 Ringan Tetap Kuat

Dr. Sri Wuryati Handayani, CEO RS Premier Jatinegara mengatakan, kehadiran tele konsultasi emergency di tengah situasi pandemi ini sangatlah penting. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Tele konsultasi emergency merupakan sarana komunikasi yang berfungsi sebagai jembatan bagi para dokter dan tenaga kesehatan dalam melayani pasien secara realtime. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, dokter tetap dapat memberi arahan bagi pasien yang membutuhkan. Terutama pada situasi gawat dan darurat," ujarnya saat peluncuran layanan Tele-Emergency RS Premier Jatinegara, lewat rilis yang diterima VIVA, Senin 17 Agustus 2020. 

Layanan Tele-Emergency juga menyediakan penjemputan ambulans ke lokasi bagi pasien dengan kondisi gawat darurat yang perlu segera dibawa ke rumah sakit.

Apabila situasi gawat darurat medis yang dialami pasien dapat teratasi tanpa memerlukan bantuan ambulans, tim dari rumah sakit akan mengantarkan obat ke rumah pasien.

"Tele Emergency ini juga dapat diakses pasien-pasien yang terkendala jarak dan waktu untuk mengakses layanan kesehatan tingkat lanjut di rumah sakit, seperti untuk pasien yang berada di luar kota misalnya," kata dr Levina Avissa, Operation Manager RS Premier Jatinegara menambahkan.

Untuk mendapatkan layanan ini, cukup dengan menghubungi hotline emergency rumah sakit yang dituju. Di mana hotline tersebut akan terhubung langsung dengan tim gawat darurat dan dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama secepatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya