PSBB Total, Siapkan Kotak P3K Biar Aman di Rumah

Ilustrasi Kotak P3K
Sumber :
  • Pixabay/ Peggy_Marco

VIVA – Luka dapat terjadi pada siapa saja dan kita tidak akan tahu kapan, bahkan di rumah pun kita masih bisa tetap terluka. Apalagi, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, kita melakukan lebih banyak aktivitas di rumah sepanjang hari.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Data menunjukkan bahwa 36 persen luka terjadi di rumah, bahkan data ini sudah ada sebelum masa karantina di mana kita dianjurkan untuk tetap di rumah. Apakah pernah terbayang oleh para moms jika di rumah juga kita perlu mempersiapkan diri untuk segala jenis luka dan kecelakaan kecil yang mungkin saja terjadi? 

Misalnya, luka tergores pisau saat mengiris bawang atau luka bakar ringan saat tersentuh kuali yang panas. Selain itu, luka di lutut karena si kecil terjatuh saat main kejar-kejaran dengan si kakak, luka di jari ayah yang terkena cakaran kucing, dan berbagai macam kecelakaan-kecelakaan kecil lainnya.

Bayi Perempuan Penuh Luka Diduga Gigitan Anjing Ditemukan di Pinggir Jalan Jeneponto

Baca juga: Cara Bedakan Batuk Pilek Biasa dan COVID-19 pada Anak

"Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, kita juga harus mengerti cara untuk merawat luka dengan tepat. Luka sekecil apa pun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi," ujar dr. Adisaputra Ramadhinara selaku Certi?ed Wound Specialist Physician, dikutip dalam siaran pers Hansaplast, Senin 14 September 2020. 

Penjelasan Kadispenal soal Anggota TNI AL Bentrok Dengan Brimob di Pelabuhan Sorong

Lebih lanjut, Adi mengakui, masih banyak orang yang belum memahami pentingnya kotak Pertolongan Pertama dan cara merawat luka yang tepat. Padahal, dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan dengan memiliki perlengkapan Pertolongan Pertama yang memadai, tentu diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin.

Berikut beberapa persiapan Kotak P3K menurut paparan dokter Adi.

Periksa kedaluwarsa

Mungkin selama ini para moms tidak terlalu memperhatikan isi dari Kotak Pertolongan Pertama dan baru ingat saat luka sudah terjadi, dan si kecil menangis menahan sakit. Coba periksa kembali, ganti perlengkapan yang sudah lama atau kedaluwarsa.

Perlengkapan memadai

Jika ada perlengkapan yang kurang, sebaiknya para moms secepatnya melengkapinya. Ingat, sedia payung sebelum hujan, sedia kotak pertolongan pertama sebelum luka.

"Persiapkan masker, pembersih tangan (hand sanitizer), sarung tangan latex (sekali pakai), gunting, dan pinset. Termometer juga harus ada," kata dokter Adi.

Obat-obatan

Obat-obatan umum seharusnya ada di dalam Kotak P3K. Dokter Adi meyebutkan beberapa jenis obat seperti obat untuk tetes mata dan obat batuk. Selain itu, plester dan salep luka perlu disiapkan agar bisa segera menyembuhkan luka dengan cepat.

"Selain itu, obat-obatan lainnya seperti untuk sakit kepala atau pun flu. Sedia juga plester, salep luka serta kasa steril," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya