Cara Mencuci Masker Kain yang Benar Menurut CDC

Ilustrasi masker kain.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

VIVA – Menggunakan masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara global untuk mencegah terjadinya penularan virus corona semakin meluas. Selain masker medis, masker kain 3 lapis juga dianjurkan untuk melindungi diri mereka dari ancaman COVID-19.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Menggunakan masker kain juga terbilang lebih hemat lantaran dapat digunakan secara berulang. Meski begitu, kebersihan masker kain harus tetap dijaga dengan rutin mengganti setiap 3-4 jam, serta mencucinya dengan cara yang tepat.

Baca juga: Masker Scuba Dilarang, Ini Lho Penjelasannya

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Dilansir dari laman Good House Keeping, berikut adalah panduan membersihkan masker kain dengan benar yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

1. Jika  mencuci masker menggunakan mesin cuci:

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

- Masukkan masker ke dalam cucian biasa

- Gunakan deterjen biasa dan gunakan air hangat yang sesuai untuk kain

- Biarkan benar-benar kering, atau keringkan dengan mesin pengering

2. Jika mencuci dengan tangan:

- Periksa label masker untuk mengetahui apakah pemutih diperbolehkan digunakan untuk desinfeksi. Jika pemutih disarankan, gunakan pemutih yang mengandung natrium hipoklorit sebesar 5,25 - 8,25 persen.

- Campurkan larutan pemutih dengan 5 sendok makan pemutih per liter air suhu kamar atau 4 sendok teh pemutih per liter air suhu kamar

- Rendam masker dalam larutan pemutih selama lima menit

- Buang larutan pemutih ke saluran pembuangan dan bilas masker secara menyeluruh dengan air dingin

- Biarkan benar-benar kering, atau keringkan dengan mesin pengering

Meskipun ada beberapa metode pembersihan lain yang beredar di internet yang menyarankan pembersihan masker wajah dengan memasukkannya ke dalam microwave, oven, atau sepanci air mendidih, Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, Carolyn Forte,  tidak merekomendasikannya karena  tidak seefektif pencucian dan pengeringan standar.

Lantas, seberapa sering harus mencuci masker? Menurut CDC, tidak ada aturan yang tegas mengenai seberapa sering Anda harus mencuci masker karena hal ini sangat tergantung dari frekuensi pemakaiannya. Jika Anda ingin ekstra hati-hati atau merasa ada kemungkinan seseorang menunjukkan gejala, atau bersin atau batuk dalam jarak dekat, bersihkan masker Anda langsung setelah digunakan.

Baca juga: Hati-hati, Obesitas Kena COVID-19 Bisa Menjalar ke Mana-mana

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan di mana pun Anda berada.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya