Satgas Penanganan Corona: COVID-19 Adalah Penyakit, Bukan Kutukan

Satgas Covid-19 memeriksa secara cepat (rapid test) kepada sejumlah santri di lima pesantren di kawasan Malang Raya, Jawa Timur, Kamis, 7 Mei 2020.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Stigma negatif terkait COVID-19 masih banyak beredar di masyarakat lantaran minimnya edukasi. Salah satu Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Turro Wongkaren menegaskan agar masyarakat tak mengucilkan seseorang yang terkonfirmasi positif COVID-19.  

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Menurut Turro, COVID-19 bukanlah kutukan seperti anggapan yang beredar di masyarakat. Maka dari itu, pasien COVID-19 perlu tetap diperhatikan meski tanpa tatap muka dan bersentuhan.

"Stigma seperti itu harus kita hilangkan. Jangan jauhi atau mengucilkan pasien positif. COVID-19 adalah penyakit, bukan kutukan," ujar Turro dalam kanal YouTube BNPB Indonesia, beberapa waktu lalu.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Baca Juga: Ini Petunjuk Teknis Cara Penggantian Biaya Rumah Sakit Akibat COVID-19

Terlebih, Turro menjelaskan bahwa pada dasarnya sifat manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan dukungan. Apalagi, seseorang yang sedang sakit dan tak mendapatkan bantuan dapat memperparah kondisinya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Bayangkan kalau kita sakit, lalu kita kesulitan dapatkan makanan. Lalu keluarga kita tidak boleh keluar. Maka apa yang terjadi pada kita?" kata Turro.

Berdasarkan data dari survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilakukan pada 7-14 September 2020 terhadap 90.967 responden, terdapat tujuh persen masyarakat yang mengucilkan atau memberikan stigma kepada penderita COVID-19. Justru, kata Turro, masyarakat harus saling bahu membahu dalam meminimalisir penularan.

"COVID-19 dapat menular kepada siapa saja yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan baik," paparnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya