Lakukan 5 Tes Ini untuk Menguji Madu Asli atau Palsu

Ilustrasi madu.
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA – Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan kabar mengenai peredaran madu palsu. Polisi pun telah melakukan penggerebekkan ke sebuah pabrik rumahan yang memproduksi madu palsu pada Selasa kemarin, 10 November 2020 lalu. 

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Madu yang dijual seharga Rp25.000 per botol, ternyata tidak ada sama sekali kandungan madu asli di dalam botol madu palsu tersebut. Madu tersebut diketahui adalah hasil campuran dari glukosa, fruktosa, dan molases. 

Sontak saja, dengan adanya kasus tersebut membuat masyarakat mulai berhati-hati dalam membeli madu. Nah, agar tak tertipu, bagaimana cara membedakan madu yang kita beli asli atau palsu? 

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Dilansir dari laman NDTVFood, untuk mengetahui madu yang kita beli palsu atau tidak lakukanlah 5 tes berikut ini. 

1. Tes madu dengan menggunakan jempol

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Letakkan sedikit madu di ibu jari Anda dan periksa apakah tumpah atau menyebar seperti cairan lainnya.  Jika menyebar, itu mungkin tidak murni. Madu asli itu kental sedangkan madu yang tidak murni akan berair. Madu asli akan menempel pada permukaan yang dioleskan dan tidak menetes. Selain itu, rasa madu yang tidak asli dapat bertahan karena adanya tambahan gula.

 2. Tes menggunakan air

Ambil satu sendok teh madu dan taruh dalam segelas penuh air. Madu palsu atau yang dipalsukan akan larut dalam air sedangkan madu asli yang memiliki tekstur lebih pekat akan mengendap tepat di dasar gelas sebagai gumpalan.  Hal yang sama terjadi pada kertas penyerap noda atau kain putih. Jika Anda menuangkan madu asli pada keduanya, madu tidak akan terserap atau meninggalkan noda.

3. Tes menggunakan api

Anda mungkin belum mengetahui hal ini, tetapi madu asli akan mudah terbakar jika tersulut api. Meskipun demikian, berhati-hatilah saat melakukan tes ini.  Untuk melakukan tes ini, ambil batang korek api kering dan celupkan ke dalam madu.  Pukul batang korek api ke kotak korek api.  Jika menyala, madu tersebut asli.  Jika tidak menyala, madu itu mungkin tercemar dan mungkin juga mengandung sejumlah kelembaban yang ditambahkan saat kontaminasi.

4. Gunakan cuka
 
Campur satu sendok makan madu, sedikit air dan 2-3 tetes esensi cuka.  Jika campuran itu berbusa, besar kemungkinan madu Anda palsu.

5. Uji Panas

Jika Anda memanaskan madu murni, madu akan menjadi karamel dengan cepat dan tidak berbusa.  Tapi, dalam kasus madu yang palsu mungkin tidak menjadi karamel dan menjadi bergelembung saat dipanaskan.

Tidak hanya dengan lima cara itu saja, banyak perbedaan antara madu asli dan palsu yang dapat diidentifikasi hanya dengan mata telanjang dengan memeriksa sifat fisiknya.  

Madu asli padat, teksturnya juga lembut, tidak akan pernah terpisah menjadi beberapa lapisan dan menawarkan aroma manis yang khas. Madu mentah, yang merupakan madu dalam bentuk paling murni, seringkali meninggalkan sedikit rasa kesemutan atau sensasi terbakar ringan di tenggorokan saat dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya