Makanan Manis Gak Baik Buat Kesehatan, Begini Tips Berhenti Kecanduan Gula dari Zaidul Akbar

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

JAKARTA – Belakangan ini banyak orang yang mulai menjalani diet gula karena kesadaran akan gaya hidup sehat mulai tinggi. Sebagaimana diketahui, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Makanan dan minuman manis yang berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan, masalah gula darah, peningkatan risiko penyakit jantung, dan kondisi berbahaya lainnya.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Oleh karena itu, konsumsi gula harian harus dijaga seminimal mungkin seperti dengan cara yang dibagikan oleh dr. Zaidul Akbar. Menurut pendakwah tersebut, semua makanan yang masuk ke dalam tubuh tentunya akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Gula atau makanan manis menjadi salah satu yang membuat orang kecanduan hingga tidak bisa terlepas darinya. Scroll lebih lanjut ya.

Cara pertama yang disampaikan oleh dr Zaidul Akbar adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein. Ketika perut terasa kenyang, maka keinginan untuk makan makanan lainnya termasuk makanan manis, akan berkurang.

5 Jenis Minuman yang Menghambat Penurunan Berat Badan

"Jadi, makanan itu mempengaruhi sel tubuh kita. Lalu bagaimana caranya supaya kita tidak kecanduan gula? Caranya gampang, kecanduan gula itu maksudnya gula pasir. Banyak cara sebenarnya, salah satunya cara adalah dengan cara memperbanyak asupan protein," ujarnya, mengutip YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Jumat 5 Januari 2024.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Selain memperbanyak konsumsi makanan protein tinggi, Zaidul Akbar juga menyarankan agar mengonsumsi makanan dan minuman sehat tanpa tambahan pemanis atau gula. Sebaiknya coba rasakan bagaimana cita rasa asli makanan tersebut, misalnya buah dan sayur, tanpa pemanis tambahan.

Mengingat kandungan dalam makanan atau minuman dengan pemanis tambahan yang dikonsumsi setiap hari dapat berdampak jangka pendek maupun jangka panjang, maka sangat penting untuk menghindarinya sedini mungkin.

Ilustrasi gula

Photo :
  • Pixabay/955169

"Mulai sekarang saran saya itu minumlah tanpa pemanis. Contohnya Anda minum kunyit, jahe, sereh, jangan pakai madu dulu. Rasakan rasa aslinya lebih dulu," jelasnya.

Dengan kebiasaan merasakan cita rasa asli dari makanan dan minuman tanpa pemanis tambahan, maka kecanduan terhadap gula pasti akan berkurang.

"Kemudian misalnya minum kayu manis, pokoknya rasa asli itu Anda kembalikan, nanti lama-lama candunya gula itu akan hilang dengan sendirinya. Nanti manisnya Anda bisa menggunakan dari produk yang asli," jelas dr. Zaidul Akbar.

Praktisi Pengobatan sunnah Indonesia, dr Zaidul Akbar

Photo :
  • Instagram: dr.zaidulakbar.resep

Cara lainnya yang bisa menghentikan dari kecanduan gula adalah mencari alternatif makanan manis lainnya yang mengandung gula alam seperti kurma atau madu. Seperti diketahui, kurma memiliki rasa manis alami, juga menjadi salah satu buah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Meskipun rasanya manis, tetapi kurma memberikan banyak dampak baik bagi kesehatan dibandingkan dengan gula pasir atau pemanis tambahan.

dr. Zaidul Akbar mengimbau untuk menggantikan gula dengan kurma, seperti halnya saat minum kopi pahit yang bisa disandingkan dengan beberapa butir kurma alih-alih menambahkan gula pasir. Begitu juga saat membuat jus, biasakan tanpa menggunakan gula pasir sebagai pemanis tambahan, atau bisa menggantinya dengan madu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya