Jangan Remehkan Nyeri Ulu Hati, Bisa Jadi Tanda Kanker Pankreas seperti yang Dialami Rizal Ramli

Kanker pankreas
Sumber :
  • times of india

JAKARTA – Pada 3 Januari 2024 masyarakat Indonesia kembali mendapatkan kabar duka dari Mantan Menko Maritim, Rizal Ramli yang tutup usia di RSCM setelah mendapatkan perawatan intensif akibat sakit kanker pankreas. Menurut keterangan, Rizal Ramli mengidap penyakit kanker pankreas stadium akhir yang menyebabkan kondisi kesehatannya kian menurun hingga akhirnya meninggal dunia.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Kanker pankreas =adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel di pankreas bermutasi dan berkembang biak di luar kendali hingga membentuk tumor. Pankreas adalah kelenjar di bagian perut yang terletak di antara tulang belakang dan perut. Kebanyakan kanker pankreas terjadi dimulai di saluran pankreas utama yang menghubungkannya saluran empedu. Scroll lebih lanjut ya.

Berdasarkan posisinya itu, Prof DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, FINASIM, FACP, mengungkapkan salah satu gejala awal munculnya kanker pankreas adalah rasa nyeri di bagian ulu hati.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

"Jangan menganggap remeh nyeri ulu hati karena jangan-jangan nyerinya ada proses kanker dalam pankreas. Melihat lokasi ini, biasanya pasien mengalami nyeri di ulu hatinya, ujar Dokter Ari, dalam media briefing secara daring, Jumat 5 Januari 2024.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Selain karena kanker pankreas, nyeri ulu hati biasanya juga menjadi tanda naiknya asam lambung, sehingga banyak orang yang mengabaikan gejala satu ini.

Sayangnya, tidak bisa dibedakan antara nyeri ulu hati karena gejala kanker pankreas dan penyakit lambung. Oleh sebab itu, satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan periksa ke dokter.

"Tidak bisa dibedakan kanker pankreas atau maag. Ketika ada nyeri ulu hati, periksakan, kalau perlu USG. Pastikan kalau nyeri ulu hatinya ini bukan karena batu empedu atau pankreas," ujarnya.

Rizal Ramli

Photo :
  • VIVA

Gejala munculnya kanker pankreas selain nyeri di ulu hati belum ada lagi yang khas untuk mengetahui keberadaannya di dalam tubuh. Tetapi, gejala umum yang biasanya terjadi di antaranya adalah penyakit kuning, urine berwarna gelap, kotoran berwarna terang, mudah lelah, kulit gatal-gatal, mual dan muntah, kurang nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis, dan berkaitan dengan diabetes.

Tidak ada tanda-tanda awal kanker pankreas. Beberapa orang mengalami gejala yang tidak jelas hingga satu tahun sebelum mereka menerima diagnosis. Banyak orang melaporkan bahwa gejala pertama kanker pankreas adalah sakit punggung atau sakit perut. Gejala ini bisa datang dan pergi pada awalnya, namun bisa menjadi lebih buruk setelah makan atau saat berbaring.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya