5 Rekomendasi Olahraga Agar Cepat Sembuh dari COVID-19

Ilustrasi yoga bagian dari meditasi untuk detoks
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Virus corona yang menyebabkan COVID-19, memiliki kecenderungan untuk membuat kita merasa lemah dan dapat mengganggu kesehatan mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup dengan melakukan aktivitas fisik untuk menumbuhkan kembali semangat kamu.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Konon, melakukan aktivitas fisik atau olahraga tertentu juga dapat membantu menormalkan kembali tubuh kamu dan mempercepat proses penyembuhanmu dari COVID-19. 

Berikut beberapa rekomendasi olahraga yang dapat membantu pemulihanmu dari COVID-19, dilansir Times of India.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Berjalan

Berjalan adalah salah satu olahraga termudah dan teraman yang dapat kamu lakukan di rumah. Terutama saat kamu sedang dalam masa pemulihan dari COVID-19, olahraga ini dapat membantu kamu mendapatkan kembali kekuatan dan kebugaran. Tapi, jangan berlebihan, batasi durasinya 10-15 menit saja.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Senam tangga

Nah, olahraga mudah lainnya adalah melakukan senam tangga yang bisa kamu lakukan dengan sangat nyaman di rumah. Meski olahraga ini tidak terlalu mengeluarkan banyak energi, tetapi aktivitas ini akan membantu kamu memperkuat otot-otot kaki. 

Seated march atau duduk tegak

Jika kamu merasa lelah, kamu bisa menempatkan diri pada posisi duduk tegak, dengan memilih kursi yang keras dan kaki bisa berdiri tegak. Ini akan membantu kamu melatih kaki dan akan menjaga postur, serta menjaga keseimbangan. 

Mengangkat tumit dan kaki

Cari penyangga dinding dan angkat kaki ke samping. Kembali ke posisi awal dan ulangi hal yang sama. Ini akan membuat kaki kamu terasa hangat dan mengembalikan kelincahannya. Selain itu, kamu juga bisa melatih betis dengan mengangkat jari-jari kaki ke atas kemudian menurunkan tumitnya ke bawah.

Yoga

Para ahli dan dokter merekomendasikan yoga dan meditasi pada orang-orang yang sedang memulihkan diri dari COVID-19. Tidak hanya membantu pemulihan, tetapi olahraga ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental penderitanya, yang sangat penting di masa pandemi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya