29 Negara Laporkan Mutasi Virus Corona Inggris dan Afrika Selatan

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –  Akhir tahun 2020 kemarin, Inggris menemukan adanya varian baru COVID-19. Varian baru, yang dinamai "VUI 202012/01", termasuk mutasi genetik pada protein "spike" yang dapat menjadi penyebab penyebaran virus secara cepat dan mudah di antara manusia.  

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Artinya, varian yang telah diidentifikasi di tenggara Inggris memiliki 17 mutasi yang mempengaruhi bentuk virus, termasuk protein lonjakan yang memberi nama keluarga virus corona. Tidak hanya di Inggris, mutasi virus corona baru juga ditemukan Afrika Selatan. Simak pembahasannya berikut ini.

Kabar terbaru Ilmuan Inggris mengatakan bahwa vaksin COVID-19 yang diluncurkan di Inggris mungkin tidak dapat melindungi manusia terhadap varian baru yang muncul di Afrika Selatan dan telah menyebar secara internasional. Baik Inggris dan Afrika Selatan telah mendeteksi varian baru dari virus penyebab COVID-19 yang lebih dapat ditularkan dalam beberapa pekan terakhir yang mendorong lonjakan kasus.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock, pada Senin 4 Januari 2021 mengatakan bahwa dia sangat khawatir tentang varian baru virus yang diidentifikasi di Afrika Selatan. Berikut daftar negara yang telah melaporkan adanya varian virus corona baru.

Di sisi lain, ternyata sejumlah negara telah melaporkan varian virus corona baru ini. Negara mana saja? Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari laman Asiaone. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

1. Amerika Serikat melaporkan tiga kasus varian B.1.1.7, yakni di Colorado, California, dan Florida.
2.  Swiss telah mendokumentasikan lima kasus varian yang ditemukan di Inggris dan dua kasus mutasi Afrika Selatan, kata seorang pejabat kementerian kesehatan. Pihaknya menambahkan  mengantisipasi lebih banyak kasus akan muncul.
3. Denmark telah mengidentifikasi 33 infeksi mutasi virus corona baru Inggris
4. Prancis, mencatat kasus varian pertama pada warga Prancis yang baru kembali dari London.
5. India telah menemukan 38 kasus varian virus baru yang ditemukan di Inggris.
6. Jepang mendeteksi varian virus baru corona yang ditemukan di Afrika Selatan, kata pemerintah, penemuan pertama di negara yang telah mengidentifikasi lebih dari selusin kasus varian yang menyebar di Inggris.
7. Korea Selatan menemukan kasus varian virus corona baru yang ditemukan di Inggris ditemukan pada tiga orang yang memasuki Korea Selatan dari London pada 22 Desember. Dengan adanya temuan ini pejabat Korea Selatan berjanji akan mempercepat vaksinasi.
8. Taiwan  mengonfirmasi kasus pertama dari mutasi virus corona Inggris, pada seorang wisatawan yang datang dari Inggris.
9. Pemerintah Norwegia mengatakan  telah mendeteksi 23 orang dengan mutasi virus corona Inggris, serta satu orang terdeteksi dengan varian yang beredar di Afrika Selatan. 
10. Austria telah menemukan empat kasus mutasi virus corona baru Inggris dan satu kasus mutasi corona Afrika Selatan, kata Badan Kesehatan Masyarakat Austria AGES, Franz Allerberger  pada konferensi pers, Senin.
11. Australia mengatakan dua wisatawan dari Inggris terdeteksi terpapar mutasi virus corona baru di Inggris.
12. Turki telah melarang warga Inggris memasuki negara itu setelah negara itu mendeteksi 15 kasus varian baru corona Inggris pada wisatawan asal Inggris, kata pemerintah.
13. Yunani telah mendeteksi empat kasus mutasi virus corona baru Inggris pada orang yang baru-baru ini melakukan perjalanan dari Inggris, kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan Yunani. 
14. Siprus telah menemukan 12 kasus mutasi virus corona baru Inggris pada orang yang baru-baru ini melakukan perjalanan dari Inggris.
15. Perdana Menteri Irlandia, Micheál Martin mengatakan pada hari Rabu (30 Desember) varian baru yang sangat menular yang ditemukan di Inggris telah menyebar di Irlandia.
16. Yordania telah mendeteksi dua kasus pertama dari mutasi virus corona yang menyebar di Inggris.
17. Jerman mengatakan mutasi virus corona baru dari Inggris telah ditemukan pada penumpang yang terbang ke Frankfurt dari London pada 20 Desember. Menurut laporan media lokal, Harian Welt, nampaknya mutasi virus itu tersebut telah ada di Jerman sejak November.
18. Italia mendeteksi pasien yang terinfeksi varian virus baru yang ditemukan di Inggris, kata kementerian kesehatan Italia. 
19. Varian virus baru corona yang ada dengan Inggris telah terdeteksi di pulau Madeira di Portugal, kata otoritas perlindungan sipil regional.
20. Pejabat kesehatan di Finlandia mengatakan mutasi virus corona Inggris telah terdeteksi pada dua orang di sana. Sedangkan, mutasi virus corona yang ditemukan di Afrika Selatan juga telah terdeteksi pada satu orang di Finlandia.
21. Swedia mengatakan varian virus baru coroba yang beredar di Inggris telah terdeteksi setelah seorang wisatawan dari Inggris  sakit pada saat kedatangan dan dinyatakan positif.
22. Pejabat di Kanada mengatakan bahwa dua kasus mutasi virus corona Inggris ditemukan di Ontario, Kanada.
23. Chili mengatakan telah mencatat kasus pertama varian baru virus corona Inggris.
24. Lebanon mendeteksi kasus pertama varian virus corona pada penerbangan yang tiba dari London.
25. Uni Emirat Arab menemukan "sejumlah kecil" kasus orang yang terinfeksi dengan varian baru, kata seorang pejabat pemerintah.  Mereka yang terkena dampak telah melakukan perjalanan dari luar negeri, tanpa menyebutkan dari mana atau jumlah kasusnya.
26. Singapura mengonfirmasi kasus pertama varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris, pada Desember lalu. Diketahui pasien itu baru saja kembali dari Inggris pada 6 Desember lalu.  Sementara 11 orang lainnya yang sudah berada di karantina telah memberikan hasil yang pada awalnya positif. Saat ini Singapura sedang berusaha untuk memverifikasi dua orang lainnya yang diduga terinfeksi oleh varian tersebut.
27. Israel mendeteksi empat kasus mutasi virus corona Inggris.  Tiga dari kasus tersebut adalah pengungsi yang kembali dari Inggris.
28. Hong Kong, dua siswa dikonfirmasi positif mutasi virus corona Inggris. Setelah keduanya kembali dari Inggris, kata Departemen Kesehatan.
29. Pejabat kesehatan Pakistan mengatakan mutasi virus corona Inggris telah terdeteksi di provinsi selatan Sindh.

Ilustrasi vaksin.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Indonesia Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Vaksin merek AstraZeneca diketahui juga digunakan di Indonesia saat pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024