Konsumsi Jeruk Nipis Saat Hamil? Cek 6 Khasiat dan Efek Sampingnya

Ilustrasi air jeruk nipis
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA – Jeruk nipis menjadi bahan alami yang dipercaya secara turun-temurun dan telah diteliti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meski mudah didapat dan harganya murah, khasiat jeruk nipis tidak boleh disepelekan. 

Diduga Cemburu, Suami Bacok Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan

Lewat tayangan Hidup Sehat tvOne bahkan diungkapkan oleh dr Wawamuli M.Biomed, jeruk nipis mengandung vitamin C sebanyak 40 gram dibanding jeruk lemon. Nah kandungan ini sangat bermanfaat untuk melegakan napas atau meredakan batuk. 

Air perasan jeruk nipis ini bisa mengurangi dahak dan mengencerkan lendir seingga masalah peradangan dalam tengorokan bisa diredakan dengan rutin konsumsi air jeruk nipis. 

Mpok Alpa Hamil Anak Kembar, Sempat Kena Mental Saat Syuting

Tak cuma itu, khasiat jeruk nipis juga dipercaya bisa membuat kulit bebas jerawat dan mencerahkan kulit. Ini, lantaran kandungan asam sitrat pada jeruk nipis yang fungsinya meluruhkan sel-sel kulit mati yang jika tidak dihilangkan menyebabkan kulit kusam dan jerawat. 

Tapi masih ada lagi manfaat dari perasan jeruk nipis. Rasanya yang asam-asam segar ternyata juga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Apa khasiatnya ya?

Kylie Jenner Bantah Rumor Kehamilannya, Ungkap Hubungan Asmara Jarak Jauh dengan Timothee Chalamet

Konsumsi perasan jeruk nipis kerap dianjurkan untuk para ibu hamil untuk mengurangi mual di trimester pertama. Tapi, benarkah aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan janin? Untuk itu, efek samping dari jeruk nipis perlu diketahui ibu hamil. 

Perlu diketahui, satu buah jeruk nipis ukuran 67 gram mengandung zat-zat gizi berupa kalori (20,1), protein (0,47 gram), lemak (0,13 gram), karbohidrat (7,06 gram), gula (1,13 gram), serat (1,88 gram), kalsium (22,1 mg), Kalium (68,3 mg),  vitamin C (19,5 mg) serta folat (5,36 mg). 

Selain itu, buah jeruk juga memiliki kadar asam sitrat yang tinggi yakni 45,8 gram per liter air. Tentu buah ini lebih asam dibandingkan dengan makanan lainnya. 

Nah meski asam rasanya, buat ibu hamil jeruk nipis ini punya beragam manfaat, mulai dari membantu penyerapan zat besi, bersifat antiradang dan mengandung antioksidan, mendukung perkembangan sel saraf dan tulang janin, mengurangi mual, melancarkan buang air besar hingga mencegah infeksi saluran kemih.

Namun, meski bermanfaat, apakah konsumsi jeruk nipis untuk ibu hamil memiliki efek samping? Yuk cek informasi lebih lengkapnya dengan klik tautan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya