Lakukan Ini untuk Atasi Lelah Secara Mental Dimasa Pandemi

Stres
Stres
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Adalah normal untuk merasa lelah secara mental saat ini. Selama lebih dari setahun, kita terus-menerus dibombardir dengan informasi terkait pandemi. Dan meskipun kami telah bekerja dari rumah, itu telah menyebabkan beberapa kecemasan dan banyak stres.

Ketika seseorang merasa lelah secara mental, mereka mungkin merasa terkuras secara emosional, sulit bangun dari tempat tidur di pagi hari, dan juga mengalami kelelahan fisik yang ekstrem, kata Deeksha GC, pelatih kesejahteraan emosional dan kesehatan mental, dikutip dari Indian Express

“Setiap jenis tekanan mental dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik juga. Keadaan pikiran ini disebut kelelahan mental. Di mana Anda merasa lelah dan terlalu banyak bekerja sepanjang waktu. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan keadaan seperti kelelahan: paparan stres jangka panjang, masalah yang belum terselesaikan dalam kehidupan cinta, jam kerja yang panjang, atau tekanan keuangan. Kecemasan terkait kesehatan, seperti penyakit berkepanjangan juga dapat menyebabkan kelelahan mental. Peristiwa tragis dalam keluarga seperti kematian atau perceraian juga bisa memicu burnout,” tuturnya.

Gejalanya

Menurut Deeksha, setiap orang berbeda, dan karenanya, gejalanya juga berbeda. Perubahan besar dalam nafsu makan, kemarahan irasional, dan lekas marah adalah beberapa di antaranya.

Apa yang dapat dilakukan seseorang untuk merasa lebih baik?

Pelatih kesehatan mental membagikan beberapa tip sederhana: