Mengenal Manfaat Kolagen untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat

Kulit wajah bersih dan sehat.
Sumber :

VIVA – Istilah kolagen sudah tidak asing. Seperti diketahui Secara garis besar, kolagen merupakan salah satu protein yang ada pada tubuh manusia. Ketersediaan kolagen dipresentasikan sekitar 30 persen dari keseluruhan protein yang ada pada tubuh setiap orang.

5 Rahasia Tidur Nyenyak Tanpa Cemas, Usir Insomnia dengan Tips Ampuh Ini!

Kolagen diibaratkan sebagai struktur jaringan yang berperan besar dalam pembentukkan sel kulit, otot, sendi, rambut, tulang hingga gigi. Dirangkum dari berbagai sumber, kata kolagen ini berasal dari bahasa Yunani, yang bermakna lekat. Istilah ini digunakan, karena pada umumnya, kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap setiap tekanan, dan mampu menghasilkan pelekatan yang baik, pada sel kulit dan jaringan tubuh lainnya.

Hingga kini, terdapat sekitar 28 tipe dari kolagendengan kelas dan juga bentuk struktur yang berbeda-beda. Hanya saja, untuk fungsi dan kegunaannya tetap sama. Sebagai penunjang dan perawatan kesehatan dan juga kecantikan.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Kolagen terdiri dari senyawa-senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain.

1. Asam Amino

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Kandungan asam amino yang ada pada kolagen membantu dalam mempertahankan elastisitas dan juga kekenyalan kulit. Hal inilah yang membuat kulit akan terasa lebih kenyal, lembab dan terlihat awet muda. 
    
2. Asam Amino Glisin

Sejumlah penelitian membuktikan, dengan mengkonsumsi kolagen secara rutin, bisa membantu otot dan sendi terhindar dari pemborosan otot (sarcopenia). Hal ini dikarenakan, senyawa asam amino glisin yang ada pada kolagen, terbukti ampuh dalam mengurangi bahkan mencegah gejala sarcopenia ini. 

3. Prolin

Kandungan prolin pada kolagen bisa membentuk keratin pada rambut. Seperti diketahui, keratin berfungsi untuk menumbuhkan tunas rambut yang baru. Sehingga terhindar dari kerontokan dan juga penipisan rambut. 

Hal ini senada dengan yang diungkaplan oleh Farah, selaku Bussiness Development Manager dari PT Mitra Digitalis Nusantara. Menurutnya banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kolagen.

"Dengan memenuhi asupan kolagen dapat memberikan manfaat dalam membantu mengatasi masalah kulit dan wajah, seperti jerawat, timbulnya flek hitam, melembabkan serta menghilangkan belang pada kulit, hingga membantu kulit terlihat lebih glowing. Bukan itu saja, kolagen juga berguna untuk merawat sendi dan otot, mencegah kerontokan pada rambut, hingga membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak," kata Farah melalui keterangan tertulisnya.

Photo :
  • U-Report

Salah satunya kebaikan kolagen, Farah menyebut ada pada Denirma Gluta. Dengan mengonsumsi di malam hari menjelang tidur, serta di pagi hari setelah bangun tidur, manfaat di atas dapat didapat. Farah mengatakan dalam setiap sachet dari Denirma Gluta ini mengandung 4000mg collagen salmon dan juga marine fish collagen tripeptide, Vitamin C, serta asam hialuronat, dan juga astaxanthine. Dengan kandungan 2 kali lebih banyak dari produk suplemen kecantikan sejenis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya