Kering Akibat Keseringan Mencuci Tangan, Coba Cara Ini

Mencuci tangan
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA –  Mencuci tangan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dapat membunuh virus corona penyebab COVID-19.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Hal ini lantaran, virus corona karakternya memiliki tubuh terbungkus oleh dinding dari struktur kimia lemak yang sangat mudah hancur apabila terkena sabun dan air mengalir.

Namun, belakangan ini tidak sedikit dari masyarakat yang mengalami kulit tangan kering lantaran sering mencuci tangan. Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Dilansir dari American Academy of Dermatology Association ada empat tips yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam mengatasi hal tersebut.

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

1. Cuci tangan Anda setidaknya selama 20 detik dalam air hangat. Gunakan sabun, dan cuci setiap bagian tangan, termasuk sela-sela jari dan sekitar kuku.

Tangan kering? Lanjutkan untuk mencucinya. Mencuci membantu mencegah penyakit dengan menghilangkan bakteri dan virus berbahaya.

DMI Gelar Muktamar ke-VIII, Ini Tiga Agenda Penting yang Dibahas

2. Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih tetapi sisakan sedikit air. Anda juga bisa membiarkan tangan Anda kering dengan sendirinya. Saat tangan Anda sedikit lembab, oleskan hand cream.

3. Oleskan hand cream ke kulit Anda, pastikan Anda mengoleskan pelembab ke ujung jari dan kuku Anda. Dermatologis merekomendasikan penggunaan hand cream yang:
- Mengandung minyak mineral atau petrolatum
- Dalam bentuk tube bukan botol pompa
- "bebas pewangi" dan "bebas pewarna"
Pelembab ini cenderung tidak terlalu mengiritasi kulit kering dan pecah-pecah.

Cara Oleskan pelembab
Kulit kering dan pecah-pecah memudahkan bakteri dan kuman lain masuk ke dalam tubuh Anda. Menerapkan pelembab setelah mencuci tangan membantu menyembuhkan kulit kering.

4. Saat menggunakan hand sanitizer, oleskan hand cream segera setelah hand sanitizer mengering. Karena Centers for Disease Control (CDC) merekomendasikan penggunaan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk membunuh kuman, pembersih tangan bisa sangat mengeringkan.

Di sisi lain, Koordinator Tim Evakuasi & Reaksi Cepat Wisma Atlet Pademangan, Karantina Kesehatan Kemenkes dr. Andita Indranawan, M.K.K menjelaskan untuk penggunaan hand sanitizer pun harus tepat.

Caranya sama seperti mencuci tangan, hand sanitizer dituangkan ke seluruh bagian tangan, digosokkan di seputar tangan termasuk sela sela jari selama 20 detik, kemudian biarkan hand sanitizer mengering sendiri tanpa harus dilap kembali.

"Selama masa karantina kita harus menerapkan protokol kesehatan, terutama 3M sehingga dukungan sarana untuk itu tentunya akan sangat bermanfaat. Salah satu sarana adalah hand sanitizer menjadi alternatif yang baik dan praktis untuk membantu menjaga kebersihan tangan selama dalam masa karantina, dengan demikian kita berharap dapat mencegah penularan Covid-19,” tutur dr. Andita Indranawan, M.K.K.

Dalam rangka membantu pemerintah dalam menekan dan mengurangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia - PT Victoria Care Indonesia Tbk (VCI) selaku distributor resmi produk Secret Clean melakukan kegiatan CSR CSR ‘Aksi Cegah Corona Berbagi Hand Sanitizer’, PT Victoria Care Indonesia Tbk membagikan 20.000 botol hand sanitizer Secret Clean untuk Wisma Atlet, Jakarta pada Rabu, 21 Juli 2021 lalu.

“Untuk menanggulangi pandemi ini dibutuhkan bantuan dan kepedulian semua pihak. Bantuan ini merupakan salah satu wujud nyata dukungan kami untuk tenaga medis dan pasien di Wisma Atlet. Semoga bantuan hand sanitizer ini bisa bermanfaat dalam penerapan protokol kesehatan di Wisma Atlet,” kata CEO PT Victoria Care Indonesia Tbk,  Billy Hartono Salim dalam keterangannya.

Penelitian ilmiah mengenai penggunaan hand sanitizer

Anda mungkin pernah melihat postingan yang bermaksud baik di media sosial tentang menjaga kebersihan tangan. Beberapa posting mungkin berasal dari asumsi daripada sains. Inilah yang ditunjukkan oleh sains:

- Tidak ada bukti bahwa menggunakan hand sanitizer membuat lebih mudah untuk terpapar kuman. Kulit keringlah yang meningkatkan risiko Anda terkena kuman. Jika Anda memiliki kulit kering akibat penggunaan hand sanitizer, aplikasikan pelembab tangan segera setelah hand sanitizer Anda mengering.

-Mencuci tangan membantu mencegah penyakit, tetapi sering mencuci tangan dapat mengeringkan kulit Anda. Untuk mencegah dan menyembuhkan kulit kering, oleskan krim atau pelembab tangan setelah Anda mencuci tangan.

- Saat kulit lembab, itu bisa lebih melindungi Anda dari kuman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya