Ruam Kulit Usai Vaksinasi COVID-19, Berbahayakah?

Vaksin COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Saat ini vaksin virus corona terus gencar dilakukan untuk mencegah penyebaran virus COVOD-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengatakan beberapa bahkan melaporkan ruam merah, gatal, bengkak, atau bahkan menyakitkan saat mereka menerima suntikan vaksin COVID-19.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Ruam akibat vaksin dan komplikasi kulit lainnya dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, tetapi tidak menimbulkan bahaya besar bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Mengingat bahwa vaksin COVID-19 meniru infeksi yang sebenarnya, itu menipu tubuh untuk berpikir bahwa ia menderita penyakit virus. Vaksin ini pada gilirannya mengaktifkan respons kekebalan tubuh, itulah sebabnya efek samping dapat muncul dalam prosesnya. 

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Dikutip dari Times of India, konon, efek samping vaksin umum terjadi di antara kelompok usia yang berbeda. Namun, beberapa orang mungkin tidak mengalami reaksi sama sekali.

Beberapa efek samping yang paling umum dari vaksin COVID-19 adalah demam, menggigil, mual, dan nyeri tubuh yang dapat diatasi dengan obat pereda nyeri.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dapatkah mengalami komplikasi kulit setelah vaksinasi?

Vaksin COVID-19 juga dapat menyebabkan beberapa reaksi kulit. Jika Anda telah divaksinasi dan melihat ruam kulit yang bengkak di sekitar area yang disuntik, kemungkinan Anda telah mengembangkan 'lengan COVID-19'.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, "lengan Covid" adalah lengan dengan ruam yang mungkin muncul setelah Anda mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. 

Dalam istilah medis, kondisi ini juga disebut hipersensitivitas kulit tertunda, yang pada dasarnya berarti reaksi tertunda pada kulit. Reaksi alergi dapat dimulai dari beberapa hari hingga lebih dari seminggu setelah dosis pertama. Namun, tidak semua orang tentu mengalami kondisi kulit ini.

Haruskah khawatir?

Ruam dari vaksin COVID-19 dapat memicu rasa sakit di sekitar tempat suntikan yang berkembang delapan hari atau lebih setelah mendapatkan vaksin, kemerahan dan bengkak. 

Kadang-kadang mungkin sangat besar, yang mungkin tampak seperti memprihatinkan. Sementara kondisinya terdengar dan tampak parah, menurut para peneliti, lengan COVID-19 tidak seserius dan tidak berbahaya.

Menurut para peneliti, "lengan COVID" dikatakan sebagai respons yang tidak berbahaya terhadap vaksin. Menurut para ahli, ini adalah "fenomena yang diketahui" dan mungkin merupakan respons dari sistem kekebalan terhadap vaksin COVID-19, yang mereda selama 4-5 hari.

Siapa yang lebih rentan mengalami reaksi kulit akibat vaksin COVID-19?

Reaksi alergi telah dilaporkan pada banyak orang yang telah menerima vaksin COVID-19 mereka. Meskipun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, ada kemungkinan beberapa orang mungkin lebih rentan terhadapnya daripada yang lain.

Dikatakan bahwa perempuan lebih rentan untuk mengembangkan alergi atau reaksi kulit pasca vaksinasi daripada rekan laki-laki mereka. Selain itu, orang yang memiliki riwayat reaksi anafilaksis, asma, dan alergi cenderung mengalami reaksi. Namun, sepenting kedengarannya, efek samping ini dapat diobati di bawah perawatan spesialis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya