Jangan Anggap Remeh, Ini Gejala Hipotensi yang Perlu Diketahui

Tekanan darah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kasus hipertensi atau tekanan darah tinggi sering ditekankan, karena berkontribusi terhadap stroke dan serangan jantung. Sama seperti itu, darah rendah atau hipotensi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah jika tidak ditangani.

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Tekanan darah kita berfluktuasi sepanjang hari tergantung pada aktivitas yang kita lakukan. Tetapi penurunan tekanan darah secara tiba-tiba ke tingkat yang sangat rendah dapat menyebabkan pusing dan pingsan. 

Dalam kasus yang parah, tekanan darah rendah dapat mengancam jiwa. Penurunan tingkat tekanan darah dapat disebabkan karena alasan genetik atau kehamilan atau dehidrasi. Jika Anda sering menderita masalah tekanan darah rendah Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya.

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Ilustrasi darah rendah.

Photo :
  • U-Report

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah rendah?

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Tingkat tekanan darah dievaluasi berdasarkan dua angka yang ditampilkan pada mesin pemantau tekanan darah - sistolik (angka atas) dan diastolik (angka bawah). 

Angka sistolik mengacu pada tekanan darah saat jantung berkontraksi sedangkan angka diastolik menggambarkan tekanan saat otot jantung rileks. Tingkat tekanan darah selalu diukur dalam milimeter air raksa (mm Hg). Tingkat tekanan dikategorikan seperti:

Tekanan darah rendah: Sistolik lebih rendah dari 90 mm Hg atau diastolik kurang dari 60 mm Hg.

Normal: Sistolik kurang dari 120 dan diastolik kurang dari 80 mm Hg.

Peningkatan tekanan darah: Sistolik di atas 120 mm Hg atau diastolik di atas 80 mm Hg.

Anda perlu mengambil tindakan segera untuk mengembalikan tingkat tekanan darah menjadi normal jika rendah. Anda perlu mengenali beberapa gejala tekanan darah rendah, sebagai berikut

Lemah

Tekanan darah rendah dapat membuat Anda merasa lemah dan lelah. Anda mungkin bahkan tidak memiliki kekuatan untuk berjalan dua-tiga langkah dengan benar tanpa dukungan jika terjadi penurunan tekanan darah secara tiba-tiba.

Pusing dan pingsan

Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Pusing adalah gejala khas tekanan darah rendah. Jika tekanannya terlalu rendah, orang tersebut bahkan bisa pingsan.

Dehidrasi

Ada hubungan erat antara tekanan darah rendah dan dehidrasi. Ketika tingkat tekanan darah turun, Anda mungkin merasa lebih kering.

Kesulitan berkonsentrasi dan penglihatan kabur

Aliran tekanan darah yang tidak memadai ke organ tubuh juga bisa membuat sulit berkonsentrasi. Anda mungkin tidak dapat melihat objek yang diletakkan dekat dengan Anda dengan jelas atau fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Kulit dingin dan pernapasan cepat

Tekanan darah rendah dapat menyebabkan syok yang dapat membuat tubuh menjadi dingin dan kulit berkeringat. Bahkan tingkat pernapasan Anda akan meningkat dan denyut nadi Anda akan menjadi lemah. Jika melihat gejala ini, Anda perlu mencari bantuan medis segera.

?Tindakan yang bisa kamu lakukan di rumah

Jika Anda secara teratur menderita masalah tekanan darah rendah berkonsultasilah dengan dokter Anda. Dia dapat mengevaluasi penyebabnya dan akan meresepkan obat yang sesuai. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah saat menderita hipotensi adalah:

Tetap terhidrasi
Hindari alkohol
Makan makanan sehat dan kaya sodium
Minum jus tomat secara teratur
Gerakkan kaki sebelum bangun dari tempat tidur untuk merangsang aliran darah

Kapan harus memanggil dokter?

Stres

Photo :
  • Times of India

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, tekanan darah rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah dan bahkan berakibat fatal. Anda harus mencari perhatian pengobatan segera jika Anda menyaksikan salah satu gejala yang disebutkan di bawah ini:

Ruam
Penyumbatan
sesak napas
Pusing
Pembengkakan pada mulut, lidah, tenggorokan, atau bibir
Kesulitan menelan
Gemetaran
Kulit berkeringat atau lembab
Ketidaknyamanan yang ekstrem
Detak jantung tinggi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya