Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

karang gigi
Sumber :

VIVA – Banyak masalah kesehatan pada bagian gigi, salah satu masalah yang sering ditemui yaitu kalkulus gigi atau yang sering dikenal dengan sebutan karang gigi. Karang gigi ini bisa terbentuk pada bagian bawah gusi dan sering menyebabkan iritasi pada bagian gusi, jika kondisi seperti ini tidak diperhatikan akan memberi dampak kerusakan atau penyakit yang lebih pada gigi kamu.

Berawal Cabut Gigi Bungsu, Perempuan Ini Alami Infeksi hingga Meninggal Dunia

Karang gigi terbentuk dari sisa makanan dan minuman yang sehari-hari kita konsumsi akan membentuk plak pada permukaan gigi. Jika kamu jarang membersihkan gigi setelah mengkomsumsi makanan dan minuman (sikat gigi), maka plak akan berakumulasi, mengeras, dan membentuk kalkulus gigi (karang gigi).

Bila karang gigi terus dibiarkan maka akan memunculkan bau mulut yang tidak sedap, gigi berlubang, radang gusi, gigi menjadi lebih sensitif. Maka dari itu cara cepat menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras perlu mendapat perawatan secepat dan sebaik mungkin, yaitu dengan scaling gigi.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Scaling gigi adalah tindakan atau treatment yang sering dilakukan sebagai salah satu cara untuk membersihkan karang gigi. Proses scaling umumnya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan, sehingga dokter tidak memberikan bius. Scaling di bagi menjadi dua jenis teknik scaling yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan karang gigi pada gigi kamu.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!
  1. Scaling gigi metode mekanik

Yakni cara membersikan karang gigi dengan cara mengikisnya dengan menggunakan alat khusus yang disebut periodontal curette. 

  1. Scaling gigi metode ultrasonic

Yaitu cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan getaran berfrekuensi tinggi, namun prosesnya bisa lebih cepat dan mudah. 

Karang gigi yang sudah lama akan menyebabkan teksturnya menjadi lebih keras dan parah sehingga saat proses membersihkan karang gigi, enamel gigi kamu berisiko terkikis lebih banyak.

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah hanya dengan tindakan scaling gigi yang bisa menghilangkan karang gigi, menurut para ahli gigi, karang gigi yang sudah mengeras pada dasarnya hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Tapi kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi resiko menumpuknya plak yang menyebabkan awal mula terbentuknya karang gigi.

Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi secara Alami

gigi

Photo :

  • Jaga kesehatan pada gigi dan mulut

Cara ini merupakan cara yang sangat sederhana untuk mencegah terjadinya plak atau karang gigi. Kamu bisa menyikat gigi kamu minimal 2 kali dalam sehari sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung flouride. Menggosok gigi secara rutin ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membersihkan plak pada gigi kamu, dalam cara menggosok gigi kamu hanya perlu waktu 2 menit setelah makan dan sebelum tidur.

  • Bersihkan gigi dengan benang

Jika setelah makan terkadang ada sisa-sisa makan yang terselip di tempat yang susah di jangkau oleh sikat gigi, misalnya di sela-sela gigi. Untuk mencegah penumpukan karang gigi di sela-sela gigi, kamu dapat melakukan flossing yaitu membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang pembersih. Lakukan secara teratur setidaknya sehari sekali sebelum menyikat gigi.

  • Gunakan obat kumur pembersih mulut

Berkumur juga merupakan cara sederhana untuk membuat mulut mu terbebas dari bau tidak sedap. Obat berkumur juga dapat membantu merontokan plak, sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi, dan juga kotoran pada gigi. Ingat, jangan gunakan obat kumur (bahkan yang fluoride) langsung setelah menyikat gigi kamu karena pasta gigi yang tertinggal di gigi Anda akan ikut terbasuh.

Sekarang kamu sudah mengetahui dan memahami cara mencegah dan menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, agar mulut mu terjaga dan gigi mu putih serta bersih kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya