Jangan Sepelekan, 2 Tanda Kulit Kepala Berminyak dan Tak Sehat

Kulit kepala gatal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Masalah kulit kepala berminyak merupakan salah satu kekhawatiran yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia dengan peningkatan yang signifikan sebesar 120 persen dibandingkan tahun 2019. Kulit kepala berminyak dapat menghalangi keinginan memiliki rambut impian yang sehat, bersih dan segar. 

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Pada umumnya, kulit kepala setiap orang membutuhkan sedikit minyak alami rambut. Jika jumlahnya hanya sedikit, minyak tersebut tak akan berdampak apa-apa dan malah memberi manfaat bagi rambut.

Minyak (sebum) membantu melindungi dan mendukung kesehatan rambut. Tapi kulit kepala berminyak yang tidak normal bisa terasa seperti masalah jika membuat rambut Anda terasa berminyak atau kotor sepanjang waktu.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Kulit kepala yang berminyak juga terkadang bisa terjadi bersamaan dengan gejala lain yang mungkin merupakan tanda dari gangguan kulit. Apa saja gejalanya? Berikut dikutip dari laman The Healthline.

Gatal
Ketombe kemungkinan menjadi penyebab kulit kepala berminyak dan gatal. Beberapa penyebab kulit kepala yang gatal meliputi peningkatan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Selain itu, ada kemungkinan sebagai reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam produk rambut atau pemicu eksternal lainnya, termasuk sensitivitas cahaya 

Rambut rontok
Kerontokan rambut yang terjadi sebagai efek samping kulit kepala yang sangat berminyak dapat disebabkan oleh genetik atau penuaan. Selain itu, bisa dipicu oleh kerusakan pada folikel rambut.

Bagi mereka yang memiliki kulit kepala berminyak, membersihkan rambut terlalu sering dengan produk yang tidak sesuai justru dapat memicu siklus produksi minyak yang tidak seimbang.

Akibatnya, produksi minyak menjadi berlebihan, kesegaran menjadi cepat hilang dan rambut cepat terlihat lepek. Lebih lagi, rambut dapat menjadi kering dan tampak tidak berkilau.  

“Rambut memiliki minyak alami yang melindungi serta menutrisi kulit kepala dan rambut, namun dapat menjadi masalah jika minyak yang diproduksi terlalu banyak. Bila tidak segera diatasi, selain membuat rambut terasa tidak segar, tampak lepek, juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap, ketombe dan bahkan rambut rontok,” jelas Sitoresmi, Senior Education Manager, Kérastase Indonesia. 

Agar kulit kepala tetap bersih dengan sebum yang tak berlebihan bagi rambut, Anda dapat menggunakan trik berikut.

Minyak ikan
Data menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu mengelola munculnya ketombe yang dapat menyebabkan kulit kepala berminyak. Biasanya dijual sebagai suplemen makanan oral. Namun, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Lidah buaya
Lidah buaya adalah obat alami lain untuk ketombe yang didukung oleh banyak penelitian. Penggunaannya mungkin berasal dari potensinya untuk mengontrol peradangan yang mengarah ke flare-up.

Amino Acid
Teknologi Amino Acid menjadi kandungan kunci pada rangkaian formula Kerastase New Specifique Divalent. Adanya amino acid atau asam amino itu diharapkan menjaga keseimbangan pH agar mampu membersihkan dan melembutkan rambut.

Manfaat Amino Acid antara lain menjadikan proses pembersihan rambut sangat lembut karna memiliki sifat conditioning, afinitas dengan protein rambut tinggi sehingga membentuk perawatan instan pada sensitized fiber dan melindungi rambut dari stres oksidatif lebih lanjut, serta meningkatkan kemampuan menyerap & menahan air pada rambut agar rambut terhidrasi.

"Teknologi Amino Acid menjadi kandungan kunci pada rangkaian New Specifique Divalent. Kandungan ini bekerja menyeluruh untuk menjaga keseimbangan kadar pH formula untuk membersihkan kulit kepala dengan lembut, sekaligus menutrisi dan menghidrasi batang rambut agar tetap sehat berkilau," imbuh Sitoresmi.

Untuk lebih baik dalam menjaga minyak rambut, dianjurkan memakai tiga rangkaian dengan kandungan amino acid yang terdiri dari shampo, kondisioner, dan masker. Yuk pahami cara menjaga rambut agar menjaga kulit kepala tetap sehat dan rambut berkilau.

Shampo Dua Kali Sehari
Untuk shampo Bain Divalent mengandung Glycine & Vitamin B6, untuk membersihkan kulit kepala yang berminyak, sekaligus membantu menutrisi batang rambut. Gunakan dua hari sekali sehingga menjadikan rambut terasa segar, ringan dan ternutrisi dengan baik. 

Masker Rambut Seminggu Sekali
Sementara, clay pembersih mingguan yang mengandung Amino Acid, Kaolin, Montmorillonite Clay dan Menthol untuk membersihkan dan menyegarkan kulit kepala, membersihkan minyak berlebih serta menutrisi batang rambut.

Seminggu sekali, tambahkan Argile Equilibrante saat keramas untuk memberikan rasa dingin segar yang tahan lebih lama, sekaligus melawan minyak berlebih. 

Kondisioner Rutin Seusai Keramas
Terakhir, kondisioner rambut dengan tekstur gel yang ringan dan aroma segar, mengandung Amino Acid & Ceramide. Formulanya mengunci kelembapan rambut dan melapisi kutikula sehingga menjadikan rambut terasa halus dan tampak sehat.

Tekstur masker gel Masque Rehydratant dibuat untuk memberikan hidrasi yang esensial untuk batang rambut sekaligus memberikan kelembutan tanpa membuat rambut lepek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya