Vaksinasi Gratis 5 Provinsi Digelar Sebulan Penuh, Catat Tanggalnya

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Vaksinasi COVID-19 masih terus digalakkan di Indonesia untuk mencapai herd immunity dan segera terbebas dari pandemi. Kini giliran Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri (GM FKPPI) yang mengadakan acara vaksinasi massal gratis di 5 provinsi.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Kelima provinsi tersebut di antaranya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah. Program ini digelar mulai dari 22 September hingga 24 Oktober 2021 dan terbuka untuk umum.

Ketua Umum GM FKPPI, Shandy Mandela, membuka acara vaksinasi massal ini di Polsek Tajur Halang, Depok, Jawa Barat. Acara vaksinasi massal ini digelar sebagai bentuk rasa syukur GM FKPPI untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-43 dan sebagai bakti mereka untuk masyarakat.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

"Harapan kami pelaksanaan acara ini dapat menjadi bakti kami bagi negara dan masyarakat luas. Sudah sewajarnya sebagai pemuda ikut berpartisipasi aktif menyukseskan program pemerintah dengan membantu penyebaran vaksinisasi yang masif untuk dapat mempercepat pandemi segera usai," ujarnya saat membuka acara vaksinasi, Rabu 22 September 2021.

Dalam kegiatan yang berlangsung, GM FKPPI juga menyerahkan bibit tanaman dan beras sejumlah 400 paket bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenlhk) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ruandi Maulana S.E., mengatakan, vaksinasi massal ini dimulai pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pemberian bingkisan untuk setiap peserta.

"Pada vaksinasi pertama kali ini ditargetkan 1.500 vaksinasi, yang telah tercatat sampai siang ini sebanyak 70 persen," ungkapnya.

Ruandi menambahkan, acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo, Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar, dan peserta.

"Terlihat antusias dari para peserta vaksin yang ingin mendapatkan vaksin guna kesehatan pribadi dan keluarga. Dan kebanyakan dari peserta adalah pemuda serta orang dewasa. Semoga acara ini dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan untuk mempercepat program vaksinasi nasional," pungkas Ruandi Maulana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya