Tanya Dokter: Apa Itu Microsleep? Diduga Pemicu Terjadinya Kecelakaan

Ilustrasi tidur sembari mengemudi
Sumber :
  • Digitaltrends

VIVA – Akhir-akhir ini pembahasan microsleep menjadi ramai di masyarakat, lantaran diduga microsleep merupakan penyebab terjadinya kecelakaan maut yang dialami oleh seorang artis bernama Vanessa Angel dan keluarganya.

Polri: Pengemudi GranMax Kecelakaan Maut KM 58 Alami Microsleep

Microsleep sendiri adalah proses tidur atau kantuk sementara yang tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau kurang dari 1 menit. Sehingga orang yang mengalami microsleep belum bisa dikatakan bahwa orang tersebut tertidur.

Dan bagaimana jika Anda ternyata mengalami microsleep?

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

Kita cari tahu jawabannya dan penyebabnya, serta cara mengatasi microsleep yang akan diulas oleh ahli neurologi yang juga spesialisasi syaraf, dr. Zicky Yombana, Sp.S yang diunggah dalam tayangan podcast channel YouTube VDVC Health.

Sopir Alami Microsleep Diduga Penyebab Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah

"Microsleep ini terjadi karena otak sudah sangat kelelahan, bahkan tidak bisa diobati dengan pemberian kafein, atau dengan apapun itu sangat sulit. Kecuali memang dilakukan aktivitas yang memang merangsang otak tersebut," ungkap dr. Zicky Yombana dalam segmen Tanya Dokter.

"Dan microsleep ini dikatakan micro karena dia tertidur kurang dari 1 menit, karena untuk orang dikatakan tidur setidaknya harus 1 menit dia terpejam dan dibuktikan dengan perekaman aktivitas otak bahwa memang sudah muncul gelombang tidur di otak," lanjutnya.

"Tapi aktivitas yang monoton dan cenderung tidak terlalu memberikan effort berlebih kepada otak, itu cenderung membuat otak itu lebih cepat lelah dan terjadilah microsleep tadi," ujar dr. Zicky.

"Satu-satunya cara (untuk menghindari) microsleep adalah beristirahat. Karena asupa apapun sangat sulit saat otak sudah lelah," ujar dr. Zicky.

Lebih dalam, microsleep sendiri bisa terjadi pada siapa saja dan dalam aktivitas apapun.

Bahayanya pun tak main-main, sebab sesi ketiduran ini bisa mencelakakan ketika sedang aktivitas seperti memasak, mengemudi, hingga berdiri di pinggir jalan.

Hal ini biasanya terjadi akibat pola tidur yang tak beraturan atau kebutuhan tidur tak mencukupi yakni kurang dari 6 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya