Sulit Berkemih Hingga Ejakulasi Darah Tanda Kanker Prostat

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kabar terkait sakitnya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono membuat publik meningkatkan kembali kewaspadaan akan kanker prostat pada pria. Terlebih, data Globoccan di Indonesia tahun 2020 menunjukkan bahwa kanker prostat menempati urutan ke-5 jenis kanker yang paling banyak di derita oleh pria.

2 Tahun Tak Terlihat, Pria di Tangerang Ditemukan Sudah Jadi Tulang Belulang

Dokter spesialis Prof. dr. Chaidir Arif Muchtar SpU(K), PhD., mengatakan bahwa pada dasarnya kanker prostat di stadium awal memang sulit dideteksi lantaran minim gejala. Dianggap sebagai penyakit senyap, rupanya kanker prostat sebenarnya bisa dilihat saat terdapat tanda gangguan berkemih.

"Stadium awal seringkali tidak ada gejala jelas atau gejala minimal dalam bentuk gangguan berkemih," bebernya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Selasa 16 November 2021.

Kasus Pemuda di Cianjur Nikahi Wanita yang Ternyata Pria, Endingnya Begini

Dokter Chaidir menepis bahwa gangguan berkemih yang dimaksud adalah mengompol. Justru, saat terjadi masalah pada prostat, memicu saluran kemih tertutup sehingga sulit berkemih secara normal.

"Yang sering terjadi gejala obstruktif yang buat seseorang sulit berkemih dan keluhan lain. Mirip (gejalanya) seperti pembesaran prostat yang jinak," imbuhnya.

Alasan Pria Bunuh Waria di Sukabumi, Tolak Hubungan Sesama Jenis

Gejala itu biasanya timbul saat stadium satu dan dua. Pada stadium tiga, biasanya kanker sudah menyebar dan menunjukkan gejala lain yakni ejakulasi berdarah.

"Kalau stadium lanjut atau sudah ke kantong sperma, salah satu gejalanya ejakulasi campur darah. Kalau menyebar ke tulang, ada nyeri di tulang," imbuhnya.

Polsek Metro Tanah Abang memediasi korban R (35) penjaga warung makan dan pelaku A alias AK (31) yang viral makan bayar semaunya di Warteg Bahari, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin 6 Mei 2024.

Akhir Kasus Pria Kribo yang Makan dengan Bayar Semaunya di Warteg Jakpus

Viral di media sosial seorang pria berambut kribo yang bayar semaunya usai makan di warteg wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024