Prof Tjandra: 5 Hal Perlu Diketahui Soal Vaksinasi COVID-19 pada Anak

Prof Tjandra Yoga Aditama
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), telah memastikan bahwa penyuntikan vaksin COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun dimulai hari ini, Selasa, 14 Desember 2021. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Mengenai hal ini, Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/Guru Besar FKUI Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara dan Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit serta Mantan Kepala Balitbangkes Kemenkes, Prof Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan beberapa hal penting yang harus diketahui terkait Vaksinasi COVID-19 pada anak-anak.

"Diberitakan bahwa hari ini akan dimulai vaksinasi COVID-19 pada anak-anak di negara kita. Bersama ini disampaikan lima hal sehubungan vaksinasi anak-anak ini," tulisnya.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang vaksinasi COVID-19 pada anak anak: 

1. Secara global memang secara proporsional lebih banyak kasus dan kematian pada dewasa, tapi kasus dan kematian pada anak akibat COVID-19 memang sudah terjadi

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

2. Pada sebagian kecil kasus pada anak dapat terjadi (walau amat jarang) sindroma hiperinflamatori, yang dikenal sebagai “paediatric inflammatory multisystem syndrome temporally associated with SARS-CoV-2 (PIMS-TS)” di Eropa dan “multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C)” di Amerika Serikat.

3. Di Indonesia diberitakan akan diberikan Sinovac pada anak-anak. Amerika Serikat merekomendasi pemberian vaksin Pfizer untuk anak 5 sampai 11 tahun. Otoritas kesehatan di Tiongkok juga sudah menyetujui penggunaan dua vaksin inaktivasi yaitu Sinovac-CoronaVac dan BBIBP-CorV untuk anak usia 3 sampai 17 tahun. Sementara itu, India sudah menyetujui penggunaan vaksin inaktivasi mereka Covaxin produksi Bharat serta vaksin DNA ZycovD untuk anak usia 12 sampai 17 tahun. 

4. Vaksinasi pada anak akan dapat melindungi anak itu sendiri, kakak adiknya serta keluarga (dan mungkin Lansia) di rumahnya, dan juga teman sekolah dan  bermain nya

5. Karena anak 6-12 tahun sudah usia SD maka baik kalau anak diajak bicara tentang akan divaksinasi, apa manfaatnya dan juga ada kemungkinan keluhan-keluhan ringan sesudah divaksin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya