Paduan Kopi dan Kayu Manis Ampuh Tangkal Serangan Penyakit

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Secangkir kopi hangat di pagi hari mampu menambah semangat untuk menjalani aktivitas selama seharian. Bahkan, pakar menuturkan perpaduan kopi dan kayu manis ampuh menjaga kesehatan tubuh dan membuat Anda terasa bugar sepanjang hari.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Minum kopi saat ini seolah sudah menjadi gaya hidup banyak orang, bahkan ada kesan minum kopi bikin hidup semakin keren. Gaya hidup demikian membuat kita kurang memperhatikan aspek kesehatan yang ada pada kopi, salah satunya mampu menangkal radikal bebas.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK, mengatakan bahwa salah satu keuntungan mengonsumsi kopi hitam adalah kandungan antioksidannya. Dengan tambahan bubuk kayu manis, maka kadar antioksidan bisa semakin meningkat sehingga ampuh tangkal radikal bebas pemicu ragam penyakit.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Ilustrasi gambar kopi.

Photo :
  • Freepik

"Ngomongin kopi aja udah ada antioksidan tinggi, tambah kayu manis di mana ada antioksidan besar. Kayu manis harus benar-benar asli, bukan perasa aja," tuturnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Senin, 27 Desember 2021.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Antioksidan sendiri sangat bermanfaat menangkal radikal bebas pemicu kanker hingga penyakit berbahaya lainnya. Dengan kombinasi keduanya, tubuh akan makin baik dalam mencegah paparan penyakit, terutama di era Pandemi COVID-19.

"Dua ini dikombinasi berarti kandungan antioksidan makin tinggi. Untuk menangkal radikal bebas butuh antioksidan tinggi. Jadi kopi dan kayu manis bagus dan bisa tangkal radikal bebas," paparnya.

Ilustrasi kayu manis.

Photo :
  • pixabay/gokalpicsan

Akan tetapi, dokter Christopher mengatakan kopi juga mengandung kafein yang tingkat toleransinya berbeda pada tiap orang. Jika tak terbiasa mengonsumsinya, dapat memicu jantung berdebar. Selain itu, penambahan pemanis lainnya juga patut diwaspadai.

"Untuk yang memiliki penyakit diabetes harus batasi intake (asupan) gula. Bagi yang sehat juga tetap tak berlebihan. Rekomendasinya kurang dari 50 gram per hari," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya