6 Fakta Florona, Infeksi Ganda Flu dan COVID-19

Flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Florona tengah menghebohkan publik dengan temuan pertamanya di Israel pada 31 Desember 2021 lalu pada seorang wanita hamil. Meski kedua penyakit ini sendiri sudah dikenal masyarakat dunia namun masih banyak fakta lain yang tak dipahami.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Florona adalah kombinasi flu dan Coronavirus dan infeksi ganda COVID-19. Ini bukan penyakit yang baru ditemukan dan disebabkan oleh virus yang berbeda. Ketika virus flu dan virus corona hadir dalam tubuh secara bersamaan, itu dianggap sebagai penyakit Florona. Berikut beberapa fakta baru yang terkuak terkait Florona, dikutip dari laman Business Insider.

1. Kasus Pertama

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

ilustrasi masker mencegah penularan influenza dan COVID-19

Photo :
  • Pixabay

Di tengah kekhawatiran Omicron mengambil alih varian Delta COVID-19, Israel, pada 31 Desember 2021, mengumumkan kasus pertama penyakit Florona, yang merupakan infeksi ganda COVID-19 dan influenza. COVID-19 dan influenza (flu) keduanya adalah penyakit pernapasan menular yang berbeda dan memiliki beberapa gejala yang serupa.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada seorang wanita yang melahirkan minggu ini di Israel dan juga tidak divaksinasi COVID-19, sesuai laporan media. Florona adalah kombinasi flu dan Coronavirus dan infeksi ganda COVID-19. Ini bukan penyakit yang baru ditemukan dan disebabkan oleh virus yang berbeda. Ada beberapa perbedaan dalam mengevaluasi siapa yang paling rentan terhadap penyakit parah, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

2. Bukan varian lain dari COVID-19

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner

Tidak, Florona bukan varian atau mutan lain dari novel COVID-19. Ketika virus flu dan virus corona hadir dalam tubuh secara bersamaan, itu dianggap sebagai penyakit Florona.

3. Gejala Florona

Ilustrasi flu

Photo :
  • Times of India

Baik flu dan COVID-19 adalah penyakit, yang menyerang sistem pernapasan Anda dan keduanya memiliki gejala yang kurang lebih sama. Menurut WHO, gejala flu dan COVID-19 dapat bervariasi dari orang ke orang, namun, beberapa gejala umum yang memiliki telah dicatat di antara orang-orang di seluruh dunia adalah kehilangan pengecapan dan penciuman, Pilek dan batuk, Sesak napas, Kehilangan nafsu makan, Nyeri dada terus menerus.

4. Menular Lewat Udara

Data CDC tentang tingkat penularan COVID-19 berdasarkan Destinasi

Photo :
  • CDC

Baik COVID-19 maupun flu menyebar ketika partikel aerosol yang terkontaminasi virus dilepaskan oleh orang yang terinfeksi saat batuk, berbicara, atau bersin dan orang yang sehat menghirup udara yang terinfeksi itu. Biasanya dibutuhkan sekitar 2 hingga 10 hari untuk gejala muncul setelah terinfeksi virus dan risiko penyebaran virus ke orang lain lebih besar pada hari-hari awal, menurut laporan Times of India.

5. Penanganan Florona

Ilustrasi sakit Flu

Photo :

Menurut laporan Moneycontrol, opsi perawatan yang digunakan untuk COVID-19 di fasilitas medis termasuk oksigen, kortikosteroid, dan penghambat reseptor IL6 untuk pasien yang sakit parah.

Perawatan untuk orang dengan penyakit pernapasan parah termasuk dukungan pernapasan lanjutan seperti penggunaan ventilator. Beberapa pilihan pengobatan lain untuk COVID-19 saat ini sedang dalam uji klinis.

6. Seberapa fatal?

Sejumlah tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran shift di rumah sakit rujukan COVID-19. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan

Kita semua tahu bahwa COVID-19 memiliki efek merusak jangka panjang pada tubuh kita, jika tubuh kita terkena virus Corona dan flu secara bersamaan, maka akan sangat sulit bagi tubuh kita untuk melawan kedua virus tersebut.

Untuk mencegah penularan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kita harus terus mengikuti langkah-langkah pencegahan, seperti menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang lain, mengenakan masker yang pas ketika menjaga jarak tidak memungkinkan, menghindari tempat dan pengaturan yang ramai dan berventilasi buruk, membuka jendela dan pintu untuk menjaga ruangan berventilasi baik dan sering-seringlah membersihkan tangan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya