Studi Ungkap Omicron Tak Rusak Paru-paru Tapi Picu Kematian

Ilustrasi COVID-19/virus corona.
Sumber :
  • Pixabay/mattthewafflecat

VIVA – Studi laboratorium awal menunjukkan varian Omicron yang lebih menular dan mereplikasi, namun dengan gejala ringan. Bahkan, varian Omicron itu terbukti kurang efisien sekali di dalam jaringan paru-paru namun tetap memicu kematian.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dikutip dari laman Al Jazeera, para ilmuwan menggunakan kata "lebih ringan", meski dengan banyak keraguan, untuk menggambarkan penyakit yang disebabkan oleh varian Omicron dari SARS-Cov-2. Sudah diterima secara luas bahwa meskipun variannya lebih ringan, jumlah orang yang terinfeksi dapat menyebabkan lebih banyak rawat inap secara keseluruhan, dengan petugas kesehatan harus mengisolasi diri karena hasil tes positif.

Data dunia secara nyata masih terus berdatangan mengenai apakah varian ini memang menyebabkan penyakit yang lebih ringan dan membawa risiko rawat inap yang lebih rendah. Kabar baiknya, data laboratorium awal tentang jaringan paru-paru pada tikus dan hamster mungkin memiliki beberapa jawaban.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Mudah Masuk Paru-paru

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/Tumisu
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kita sudah tahu bahwa varian Omicron menyimpan mutasi yang membuatnya lebih mudah menular. Sebuah tim peneliti di fakultas kedokteran Universitas Hong Kong menemukan Omicron bereplikasi 70 kali lebih cepat daripada Delta di saluran udara manusia. Penelitian tersebut, yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan Delta dan virus corona asli, varian Omicron jauh lebih cepat masuk ke bronkus atau saluran yang mengalir melalui saluran udara bagian atas dan paru-paru.

Tetapi, Omicron jauh lebih lambat dalam infiltrasi jaringan paru-paru itu sendiri. Menurut para peneliti, varian Omicron bereplikasi kurang efisien, lebih dari 10 kali lebih rendah, sekali di dalam jaringan paru-paru manusia daripada virus SARS-CoV-2 asli, yang mungkin menunjukkan tingkat keparahan penyakit yang lebih rendah.

Gejala Minim pada Paru-paru

Sebuah tim yang mempelajari varian Omicron di Glasgow berpikir mereka telah menemukan jawaban mengapa varian ini tidak dapat menginfeksi sel paru-paru seperti halnya saluran udara bagian atas. Mereka menemukan protein esensial yang ditemukan pada sel paru-paru yang disebut TMPRSS2, yang biasanya membantu varian SARS-COV-2 sebelumnya untuk masuk ke dalam sel paru-paru yang terikat kurang kuat pada Omicron, yang berarti lebih sulit bagi varian ini untuk masuk ke dalam dan menginfeksi paru-paru sel.

Virus memasuki sel-sel yang melapisi hidung, tenggorokan, dan saluran udara bagian atas dengan cara yang berbeda, jadi meskipun ditemukan dalam jumlah tinggi di bagian saluran udara ini, konsentrasi virus lebih rendah di jaringan paru-paru. Ini mungkin juga sebagian menjelaskan mengapa varian Omicron sangat menular, jika terkonsentrasi dalam jumlah tinggi di saluran udara bagian atas, virus lebih mungkin untuk batuk, bersin, atau keluar dari bagian saluran udara ini dan menginfeksi orang lain.

Sebuah studi gabungan Amerika dan Jepang, yang masih dalam tinjauan sejawat, melihat efek varian Omicron pada tikus dan hamster. Hewan pengerat ini memiliki reseptor ACE2 yang sama dengan yang dimiliki manusia dan apa yang diikat oleh coronovirus untuk masuk dan menginfeksi sel. Studi tersebut menemukan bahwa tikus yang terinfeksi Omicron memiliki kerusakan paru-paru yang lebih sedikit, kehilangan berat badan yang lebih sedikit, dan kemungkinan kematian yang lebih kecil daripada mereka yang terinfeksi Delta.

Picu Kematian

Dihipotesiskan bahwa penyakit serius akibat COVID-19 terjadi begitu virus masuk ke paru-paru dan menyebar ke bagian tubuh lain dari sana, jika bisa ditampung di saluran pernapasan bagian atas, mulut, hidung, dan sebagainya, jauh lebih sedikit, kemungkinan penyakit parah. Namun, penulis utama Dr Michael Chan telah mendesak kehati-hatian atas temuan tersebut. 

“Penting untuk dicatat bahwa tingkat keparahan penyakit pada manusia tidak hanya ditentukan oleh replikasi virus tetapi juga oleh respons imun inang terhadap infeksi tersebut,” kata Dr Chan.

Banyak rawat inap COVID-19 terjadi bukan hanya karena penyakit yang disebabkan oleh virus, tetapi juga karena sifat tak terduga yang digunakan sistem kekebalan tubuh kita untuk merespons virus. Dalam beberapa kasus, sistem kekebalan tidak dapat dimatikan dan menyerang tidak hanya sel yang terinfeksi virus tetapi juga sel sehat. 

Chan mencatat bahwa virus yang sangat menular seperti Omicron dapat menyebabkan penyakit dan kematian yang lebih parah hanya dengan menyebar lebih cepat, meskipun infeksi paru-paru yang terkait tampaknya tidak separah itu.

Meluas dan Tetap Berbahaya

Inggris sudah mulai melihat peningkatan tajam dalam rawat inap karena virus corona. Kekhawatiran jahat lainnya adalah Long COVID, ketika gejalanya bertahan lama setelah virusnya sembuh. Dengan begitu banyak orang yang terinfeksi Omicron, kemungkinan besar kita akan melihat lebih banyak orang yang terkena dampak Long COVID.

"Sebagai seorang dokter, saya khawatir implikasi dari penyakit yang lebih ringan dapat menidurkan orang ke dalam rasa aman yang salah, mungkin membuat mereka cenderung tidak memakai masker, menjaga jarak atau lebih buruk lagi, mengambil vaksin. Kami menjadi agak mati rasa dengan jumlah kematian akibat COVID-19. Lebih ringan atau tidak, Omicron tetap menjadi ancaman global yang serius," ujar pakar, dr. Amir Khan.

Dua Dosis Booster

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jelas bahwa dosis booster vaksin COVID-19 setelah dosis awal Anda menawarkan perlindungan yang baik terhadap penyakit serius dari varian Omicron. Sebelum Omicron, satu dosis booster vaksin dianggap cukup untuk saat ini untuk menjaga perlindungan pada tingkat yang wajar. 

Vaksin memicu berbagai bagian sistem kekebalan tubuh, menetralkan antibodi yang membunuh virus pada saat kedatangan dan menghentikannya menginfeksi sel dan sangat mengurangi risiko penularan virus. Mereka juga memicu sel memori B dan T yang lebih tahan lama yang menawarkan perlindungan jangka panjang dengan membunuh sel apa pun yang mungkin terinfeksi oleh virus dan mencegah penyakit serius tetapi belum tentu penularan selanjutnya.

Tapi sekarang, dengan Omicron, penularan virus adalah masalah utama dengan sejumlah besar orang yang terinfeksi dan tidak hanya sakit tetapi juga mengambil cuti kerja. Ini berarti para ahli lebih fokus pada antibodi penetralisir itu, yang sangat penting dalam mengurangi penyebaran virus dalam upaya mengendalikan jumlah orang yang terinfeksi. Namun, sebuah penelitian baru dari Inggris menunjukkan bahwa tingkat antibodi ini mungkin mulai turun 10 minggu setelah booster.

Analisis oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris menemukan bahwa kemampuan dosis booster untuk melindungi terhadap Omicron sudah mulai berkurang pada beberapa orang yang meminumnya lebih dari 10 minggu sebelumnya. Pada tahap ini, efektivitasnya dalam mencegah penyakit simtomatik turun 15 hingga 25 persen. Di sisi lain, sel-sel memori cenderung bertahan lebih lama, dan terus menawarkan perlindungan terhadap penyakit serius tetapi masih belum diketahui berapa lama dan seberapa efektif kemungkinannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya