Tempe dan Oncom Turunkan Kolesterol dan Diabetes, Ini Cara Olahnya

Tempe.
Tempe.
Sumber :
  • Pixabay/ Bintang_Galaxy

VIVA – Siapa sangka, tempe dan oncom yang murah meriah memiliki banyak kandungan yang menyehatkan. Salah satunya, tempe dan oncom kaya akan probiotik atau bakteri baik. 

Probiotik tersebut bertanggung jawab atas sejumlah manfaat sehat, di antaranya menyehatkan pencernaan, mencegah kanker, bahkan baik untuk penyandang diabetes. Benarkah demikian? 

Spesialis gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, membenarkan hal tersebut. Menurut dia, oncom dan tempe cenderung aman dikonsumsi penderita diabetes. 

"Fakta pasti. Karena urusannya berbeda. Jadi kalau diabetes itu justru yang kita inginkan seluruh tubuh optimal kerjanya. Nah, salah satu yang menunjang adalah kalau saluran cernanya juga sehat. Makanya probiotik itu penting sekali," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 10 Januari 2022. 

Selain aman bagi penyandang diabetes, dokter Juwalita turut mengungkapkan bahwa dua makanan asli Indonesia itu juga dapat membantu menurunkan kolesterol, asal pengolahannya benar. 

"Fakta tapi bisa jadi mitos. Fakta, kalau di dalam penelitian pada hewan coba, tempe yang diberikan dia di-steam dulu bukan digoreng, jadi hasilnya bagus. Tetapi kalau digoreng akan berbeda lagi," ungkapnya. 

Menurut Juwalita, tempe dan oncom yang diolah dengan cara di-steam berarti tidak menambahkan kalori di dalamnya.