Awas, Sakit Perut Seperti Ini Indikasikan Irritable Bowel Syndrome

Ilustrasi sakit perut
Ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • Pexels/sora shimazaki

VIVA – Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar adalah kumpulan gejala akibat iritasi pada saluran pencernaan. Salah satu gejala yang timbul adalah sakit atau kram perut yang berulang. 

Lalu pertanyaannya, jika kita sering merasakan sakit perut, apakah itu sudah pasti mengindikasikan sindrom iritasi usus besar ini? 

Spesialis penyakit dalam, dr. Agastjya Wisjnu Wardhana, SpPD, FINASIM, menegaskan tidak semua sakit perut menandakan Irritable Bowel Syndrome. Apa saja gejala-gejalanya? 

Ilustrasi sakit perut.

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • U-Report

"IBS itu ada gejala-gejala khusus yang memenuhi kriterianya. Kita menggunakan kriteria Roma, syaratnya nyeri perut, perubahan pola defekasi (buang air besar), konsistensi feses, adanya muntah atau sendawa, sembelit, juga ditandai anemia atau buang airnya bercampur dengan lendir," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Selasa 11 Januari 2022. 

Lebih lanjut dokter Agastjya menjelaskan, tanda atau gejala pertama yang dirasakan adalah timbulnya rasa nyeri yang hebat. 

"Kemudian perubahaan pola defekasi, kemudian ada gambaran kelainan, seperti kembung, mual dan muntah, dan ada lagi lendir yang bercampur dengan feses," ujar dokter Agastjya.