Bubur Kacang Hijau Tekan Hipertensi dan Diabetes, Asal Olahnya Begini

Kacang Hijau
Kacang Hijau
Sumber :
  • Pixabay/ Ivabalk

VIVA – Bubur kacang hijau kerap dijadikan salah satu alternatif menu sarapan. Rasanya yang manis berpadu dengan rasa santan yang gurih, membuat bubur kacang hijau memiliki banyak penggemar. 

Tapi siapa sangka, selain rasanya yang lezat, bubur kacang hijau juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung yang turut berdampak positif terhadap tekanan darah tinggi (hipertensi) hingga diabetes. Benarkah demikian? 

"Bagus banget kacang hijau ini kalau kita ngomongin kesehatan jantung. Efeknya ada beberapa hal, tekanan darah tinggi bisa menekan. Dengan kita menekan terjadinya darah tinggi, kemungkinan terjadi kencing manis (diabetes) dan efek antioksidannya kacang hijau ini memang bagus sekali untuk menjaga kesehatan jantung kita," papar Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Jumat, 14 Januari 2022. 

Namun, dokter Putri mengingatkan, konsumsi bubur kacang hijau hendaknya tidak berlebihan dan pengolahannya harus benar. Seperti apa? 

"Kalau kita mau yang sehat kalau bisa tanpa santan. Atau kalau mau tetep pakai santai boleh, kita kasih yang bentuknya encer. Selain itu, gulanya kalau bisa secukupnya aja. Atau bisa juga sebagai alternatif, bisa kita berikan sweetener," ungkapnya. 

Kacang Hijau

Kacang Hijau

Photo :
  • Pixabay/ Ivabalk

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, konsumsi bubur kacang hijau ternyata juga dapat mencegah kanker lho. Begini penjelasannya.