Cara Atasi Asam Urat Secara Alami, Wajib Coba!

Ilustrasi kaki.
Sumber :
  • pixabay/Olivera Comunicacao

VIVA – Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin. Purin sendiri adalah zat yang dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh dan dalam makanan. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, hal itu bisa menyebabkan penyakit asam urat atau gout.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan nyeri sendi akibat adanya kristal asam urat yang menumpuk. Cara mengobati asam urat Penanganan penyakit asam urat tak selalu membutuhkan obat. Ada beberapa cara mengatasi asam urat secara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Salah satunya adalah dengan teknik pengompresan menggunakan air dingin. Hal tersebut diungkap oleh spesialis penyakit dalam, dr. Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, SpPD, FINASIM, FACP dalam program Hidup Sehat TvOne, Selasa 18 Januari 2022.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Salah satu yang bisa dilakukan di rumah, mengompres di luar tata laksana obat. Beberapa panduan sarankan dengan kompres dingin untuk mengurangi nyeri," kata Fariz.

Ilustrasi penderita asam urat.

Photo :
  • U-Report
Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Namun, Fariz mengingatkan untuk beberapa kondisi baiknya masyarakat melakukan kontrol ke dokter terutama mereka yang mengalami serangan pertama. Atau mereka yang sudah dua hari tidak pulih.

Selain itu, Fariz juga mengungkap bahwa mengonsumsi air mineral juga bisa mencegah asam urat.

"Salah satu penanganan tanpa obat mengurangi peningkatan asam urat di rumah. Minum air yang banyak karena kadar asam urat, misalnya dalam satu wadah , alau 10 sentimeter diameter, tinggi air 12 sentimeter untuk menguranginya ya dengan mengonsumsi air mineral. Untuk konsumsi air mineral, dewasa dianjurkan 2,5-3 liter per hari umum dianjurkan," ujar Fariz.

Fariz juga mengungkap bahwa mereka yang memiliki asam urat tidak disarankan untuk melakukan pemijatan di area yang mengalami pembengkakan. Hal ini lantaran bisa menyebabkan penyebaran.

"Tidak disarankan. Pada serangan, sel radang sedang aktif. Kalau pijat membuat penyebaran di sendi. Kalau mau pijat, kekeraman otot di sekitar daerah nyeri," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya