6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Gulai sapi Jawa
Sumber :
  • perfect10cooking

Jakarta – Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Asam urat merupakan zat alami yang dihasilkan tubuh saat memecah purin, zat yang ditemukan dalam beberapa makanan.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan rasa sakit bengkak dan kemerahan.

Melansir dari berbagai sumber Selasa, 26 Maret 2024, berikut adalah 6 makanan tinggi purin yang dapat menyebabkan asam urat naik.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Gulai otak sapi

Photo :
  • Instagram/@Migrationology

1. Jeroan

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Jeroan seperti hati, ginjal dan otak memang sangat enak dan disukai banyak orang apalagi dimasak dengan bumbu gulai yang nikmat. Namun, jeroan terdapat kandungan purin yang sangat tinggi. Satu porsi hati sapi (85 gram) mengandung 343 mg purin. Oleh sebab itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi jeroan.

2. Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut seperti kerang, remis, sarden dan teri mengandung purin yang tinggi. Satu porsi kerang (85 gram) mengandung 292 mg purin. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi makanan laut ini.

3. Daging Merah

Daging merah seperti sapi, kambing dan domba mengandung purin yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam atau ikan. Satu porsi daging sapi (85 gram) mengandung 175 mg purin. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi daging merah dan memilih sumber protein lan seperti telur, tahu dan tempe.

4. Ragi

Ragi yang digunakan dalam pembuatan roti, bir dan beberapa makanan lainnya mengandung purin yang tinggi. Satu porsi bir (355 ml) mengandung 70 mg purin. Penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung ragi.

5. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang lentil dan kacang hijau, mengandung purin yang tinggi. Satu porsi kacang merah (100 gram) mengandung 184 mg purin. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi kacang-kacangan ini.

6. Sayuran Tertentu

Beberapa jenis sayuran seperti asparagus, bayam, kembang kol, mengandung purin yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Satu porsi asparagus (90 gram) mengandung 24 mg purin. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi sayuran ini.

Tips untuk Penderita Asam Urat:

1. Batasi konsumsi makanan tinggi purin.

2. Minum banyak air putih untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat.

3. Pertahankan berat badan ideal.

4. Olahraga secara teratur.

5. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, penderita asam urat dapat membantu mengendalikan kadar asam urat dalam darah dan mencegah terjadinya serangan asam urat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya