8 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Perut Kosong

Salad sayur
Sumber :
  • inmagine

Jakarta – Perut kosong bukanlah waktu yang tepat untuk menyantap semua jenis makanan. Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu saat perut kosong dapat berakibat buruk bagi kesehatan pencernaan dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Maka dari itu, sarapan pagi merupakan waktu yang penting untuk memberikan energi bagi tubuh setelah beristirahat sepanjang malam. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan perut kosong dan meningkatkan risiko konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.

Oleh karena itu, penting untuk selalu sarapan pagi dengan makanan yang sehat dan bergizi. Melansir dari berbagai sumber, Selasa, 26 Maret 2024, berikut hindari 8 makanan dan minuman saat perut kosong.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

1. Makanan Pedas

Makanan pedas

Photo :
  • Times of India
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Sensasi pedas yang berasal dari cabai dapat mengiritasi lapisan lambung yang kosong, menyebabkan rasa panas, perih dan bahkan kram perut. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan bahkan merusak lapisan lambung jika dilakukan terus-menerus.

2. Minuman Bersoda

Minuman diet bersoda

Photo :
  • The Sun

Minuman bersoda mengandung gas dan gula yang tinggi, mengonsumsinya saat perut kosong dapat menyebabkan kembung, mual dan bahkan diare. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

3. Jus Buah

Buah-buahan dan jus

Photo :
  • Indian Express

Jus buah memang menyegarkan dan kaya vitamin, namun kandungan asamnya yang tinggi dapat mengiritasi lambung kosong. Sebaiknya konsumsi jus buah setelah sarapan atau makan camilan ringan.

4. Minuman Dingin

Ilustrasi minuman dingin

Photo :
  • Pixabay/pexels

Minuman dingin dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Sebaiknya konsumsi air putih hangat atau teh herbal saat perut kosong untuk membantu melancarkan pencernaan.

5. Kopi

Kopi dan croissant.

Photo :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri.

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada perut kosong. Hal ini dapat menyebabkan heartburn, mual atau bahkan rasa cemas. Sebaiknya minum kopi setelah sarapan atau makan siang. 

6. Susu Fermentasi

frozen yogourt

Photo :
  • Daily mail

Susu fermentasi seperti yogourt mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi pencernaan. Namun, bakteri ini dapat bereaksi dengan asam lambung saat perut kosong dan menyebabkan kembung serta diare. Sebaiknya konsumsi susu fermentasi setelah makan atau bersama dengan makanan lain.

7. Sayuran Mentah

Nasi bersama salad dan tempe

Photo :
  • Instagram/@aleixespargaro

Sayuran mentah kaya serat yang sulit di cerna oleh perut kosong. Hal ini dapat menyebabkan kembung, gas dan rasa tidak nyaman. Sebaiknya masak sayuran terlebih dahulu atau konsumsi bersama dengan makanan lain untuk membantu proses pencernaan.

8. Jeruk

Jeruk bali

Photo :
  • Eat This

Buah jeruk kaya aan vitamin c, namun kandungan asamnya yang tinggi dapat menyebabkan heartburn dan rasa perih di perut kosong. Sebaiknya konsumsi jeruk setelah makan untuk menghindari efek negatifnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya