Direktur WHO Sebut Pandemi COVID-19 Berakhir Usai Omicron Mereda

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.
Sumber :
  • pexels/Edward Jenner

VIVA – Salah satu direktur WHO mengatakan bahwa pandemi COVID-19 kemungkinan akan mencapai akhir saat Omicron mereda.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hans Kluge merasa akan segera ada imunitas global karena vaksin dan infeksi alami.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah Inggris menjadi negara besar pertama yang mengumumkan sudah mengakhiri segala batasan terkait COVID-19. Dr Kluge, direktur WHO Eropa mengatakan, "Masuk akal bahwa (Eropa) bergerak menuju semacam akhir permainan dari pandemi."

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

"Akan ada, untuk beberapa pekan dan bulan, sebuah imunitas global, baik itu berkat vaksin atau karena orang-orang memiliki imunitas karena infeksinya. Jadi kami mengantisipasi akan ada periode tenang sebelum COVID-19 kembali menuju akhir tahun, tapi tidak berarti pandemi akan kembali," lanjutnya dikutip dari laman The Sun.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik
Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Dia menambahkan, Omicron mungkin menginfeksi 60 persen orang Eropa pada akhir Maret, memicu penyebaran imunitas. Varian ini lebih menular tapi menyebabkan gejala yang tidak terlalu serius dibanding strain sebelumnya.

Semua aturan COVID-19 di Inggris akan dihilangkan pada 24 Maret seiring dengan populasi belajar hidup dengan COVID-19 seperti mereka jalani dengan flu.

"Ada banyak pembicaraan tentang itu (menjadi) endemik tapi endemik berarti itu memungkinkan untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Virusnya sudah mengejutkan kita lebih dari sekali jadi kita harus lebih berhati-hati," katanya mengingatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya