Terungkap, Omicron Bertahan Lebih Lama pada Permukaan Ini

Ilustrasi varian Omicron.
Ilustrasi varian Omicron.
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA – Dalam tes laboratorium, peneliti Jepang menemukan, dibanding varian COVID-19 lainnya, Omicron dapat bertahan lebih lama pada permukaan plastik dan kulit manusia.

"Stabilitas lingkungan yang tinggi dan kemampuannya untuk tetap menular, mungkin telah membantu Omicron menggantikan Delta sebagai varian dominan dan menyebar dengan cepat," kata tim peneliti Jepang, dilansir Times of India, Selasa 25 Januari 2022.

Pada permukaan plastik, waktu bertahan hidup rata-rata strain asli dan varian Alpha, Beta, Gamma dan Delta masing-masing adalah 56 jam, 191,3 jam, 156,6 jam, 59,3 jam, dan 114,0 jam. Sementara Omicron, bisa bertahan hingga 193,5 jam.

Para peneliti yang merilis laporannya di bioRxiv, mengatakan, pada sampel kulit dari mayat, waktu bertahan virus rata-rata 8,6 jam untuk versi aslinya, 19,6 jam untuk Alpha, 19,1 jam untuk Beta, 11,0 jam Gamma, 16,8 jam untuk Delta dan 21,1 jam untuk Omicron.

Virus corona

Virus corona

Photo :
  • Times of India

Pada permukaan kulit manusia, semua varian benar-benar tidak aktif dengan 15 detik paparan hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alkohol.

"Oleh karena itu, sangat disarankan bahwa praktik pengendalian infeksi (kebersihan tangan) saat ini menggunakan disinfektan seperti yang diusulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," kata para peneliti menyimpulkan.