Amankah Konsumsi Telur Saat Usia 40 Tahun, Ini Penjelasannya

Telur
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Telur memang memiliki komposisi nutrisi yang baik yang dibutuhkan tubuh manusia, namun manfaat yang diberikannya bagi tubuh manusia setelah usia tertentu masih dipertanyakan oleh banyak orang.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Sebuah makalah penelitian tahun 2016 mengatakan, mereka yang mendekati usia yang lebih tua dan orang yang lebih tua untuk memasukkan telur lebih sering, sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang dan sebagai tambahan untuk aktivitas fisik, dapat membantu mereka mempertahankan kekuatan dan fungsi otot mereka. 

Dilansir dari Times of India, satu butir telur rebus berukuran besar mengandung: 77 kalori, 0,6 gram karbohidrat, 5,3 gram lemak, 212 mg kolesterol, 6,3 gram protein, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, vitamin B5, fosfor, dan selenium.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Telur adalah sumber yang kaya asam amino sehingga menjadikannya salah satu sumber protein terbaik. Telur memiliki kontribusi besar dalam mengisi kembali massa otot yang berkurang pada orang tua. Banyak orang tua gagal memenuhi kebutuhan protein yang direkomendasikan. Telur adalah sumber nutrisi yang bagus untuk orang-orang yang menua. 

“Bukti muncul bahwa asupan protein yang cukup pada setiap makan mungkin diperlukan untuk mengoptimalkan sintesis otot pada orang tua. Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang murah, tersedia secara luas dan mudah dicerna dan mengandung proporsi leusin, amino yang signifikan. Telur memiliki banyak nutrisi penting lainnya bagi orang tua, termasuk vitamin D dan asam lemak omega-3," kata sebuah penelitian.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Makan telur setiap hari 

Banyak orang tidak memasukkan telur dalam makanan mereka karena khawatir tentang kolesterol. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur tidak merugikan kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Jadi, orang yang berusia 40-an pasti harus makan satu butir telur setiap hari, tanpa ragu-ragu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menurut pakar kesehatan, orang berusia 40-an harus memiliki setidaknya 7 telur dalam seminggu. Dikatakan sebagai sumber terbaik “kolesterol baik”, telur dapat dikonsumsi sebagai sumber protein lain oleh orang tua. Bisa direbus, atau bisa dimakan sebagai telur dadar dengan sedikit minyak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya