Alternatif Gula untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Kurma
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Meskipun diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan kadar darah tinggi, makan gula bukan satu-satunya hal yang meningkatkan risiko Anda. 

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Dari diet hingga olahraga rutin, banyak faktor yang memengaruhi risiko Anda terkena diabetes. Dengan diabetes tipe 2, orang menjadi resisten insulin, yang mengurangi kemampuan sel untuk menyerap dan menggunakan gula darah untuk energi. 

Makan gula berlebih lebih lanjut dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Berikut adalah beberapa pengganti gula yang sehat untuk penderita diabetes tipe 2 dikutip dari Times of India.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Stevia

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Stevia adalah pemanis nonnutrisi atau pengganti gula yang dikenal luas, asli Amerika Tengah dan Selatan, yang dikatakan aman, sesuai dengan Food and Drug Administration AS.

Sucralose

Sucralose atau splenda adalah pengganti gula yang bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Para ahli percaya sucralose jauh lebih manis daripada gula tetapi tidak berdampak pada kadar gula darah.

Tagatose

Tagatose adalah pemanis buatan populer yang diyakini para peneliti dapat menurunkan gula darah dan respons insulin.  Tagatose berbentuk fruktosa yang memiliki tingkat kemanisan 90% lebih manis dari sukrosa.

Ekstrak buah biksu

Juga dikenal sebagai buah Luo Han Guo, buah biksu mengandung gula alami, terutama fruktosa dan glukosa.

Gula aren kelapa

Gula aren adalah gula alami yang terbuat dari nira kelapa, yang dikatakan sebagai alternatif yang sehat untuk gula rafinasi.

Kurma 

Alternatif gula lain yang sangat baik adalah gula kurma, yang diekstraksi dari kurma utuh. Bila dimakan dalam jumlah sedang, dikatakan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya