3 Manfaat Senam Kegel untuk Pria, Kurangi Difungsi Ereksi

Senam kegel untuk pria
Sumber :
  • masterclass

VIVA – Sementara dasar panggul adalah topik pembicaraan umum dalam kesehatan wanita, ini adalah kelompok otot penting yang dimiliki setiap orang, terlepas dari identitas gender mereka. 

Terpopuler: 5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Beribadah di Tanah Suci, 5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia

Jika Anda pemilik penis, otot dasar panggul menopang kandung kemih dan usus Anda, melindungi dari kebocoran urin dan prolaps organ panggul.  Anda dapat melakukan banyak latihan untuk memperkuat otot dasar panggul, termasuk Kegel, latihan dasar panggul terkenal yang ditemukan pada tahun 1948.

Dilansir dari, masterclass, senam Kegel adalah latihan dasar panggul yang terdiri dari menemukan dan mengontraksikan otot-otot dasar panggul Anda dalam pengulangan yang lambat dan stabil. 

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Ginekolog Amerika Arnold Kegel mengembangkan latihan Kegel pada tahun 1948, setelah mencatat bagaimana persalinan melemahkan dasar panggul pasiennya. 

Melakukan latihan Kegel secara rutin dapat meningkatkan kontrol kandung kemih dan fungsi seksual, serta mengurangi kemungkinan prolaps organ panggul. Latihan kegel, dan latihan otot dasar panggul secara umum, dapat menawarkan berbagai manfaat:

Bukan Buat Cewek! Ini yang Terjadi Jika Wanita Konsumsi Viagra

1. Peningkatan kontrol kandung kemih dan usus

Otot dasar panggul secara langsung bertanggung jawab untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar. Jika otot-otot ini lemah, Anda lebih mungkin mengalami sembelit, kandung kemih yang terlalu aktif, inkontinensia urin (terutama karena pembesaran prostat atau untuk pulih dari operasi prostat), inkontinensia tinja, kesulitan mengendalikan perut kembung, atau kebocoran urin dari aktivitas berat seperti seperti bersin, batuk, atau tertawa (disebut "inkontinensia stres"). 

Memperkuat dasar panggul melalui latihan Kegel dapat meningkatkan kontrol dan kontinensia usus dan kandung kemih Anda.

2. Mengurangi kemungkinan prolaps

Prolaps organ panggul adalah kondisi kesehatan di mana otot-otot dasar panggul sangat lemah sehingga tidak dapat menopang organ panggul (kandung kemih dan rektum). 

Selama prolaps organ panggul, satu atau lebih organ panggul jatuh di bawah dasar panggul, menciptakan tonjolan. Karena latihan Kegel memperkuat otot panggul, mereka dapat membantu mencegah otot menjadi terlalu lemah dan memungkinkan prolaps.

3. Meningkatkan kesehatan seksual

Ilustrasi bercinta/pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Latihan kegel dapat membantu mengembangkan dan memperkuat otot bulbospongiosus, yang berkontribusi pada fungsi seksual seperti ereksi, orgasme, dan ejakulasi. Ahli kesehatan terkadang merekomendasikan Kegel untuk membantu mengurangi disfungsi ereksi atau ejakulasi dini.

Jika Anda mengalami inkontinensia, disfungsi seksual, atau nyeri panggul, dapatkan bantuan medis melalui penyedia layanan kesehatan bersertifikat, spesialis kesehatan panggul, klinik urologi, atau terapis fisik. Mereka dapat memberi Anda informasi kesehatan tambahan dan dapat mengidentifikasi apakah latihan Kegel tepat untuk kesehatan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya