8 Tanda Mendengkur Saat Tidur Menjadi Berbahaya

Ilustrasi mendengkur/mengorok.
Sumber :
  • Freepik/nensurla

VIVA – Mendengkur atau ‘ngorok’ adalah hal yang umum dan bagi kebanyakan orang itu tidak akan menjadi sesuatu yang serius - tetapi ada saat-saat di mana dengkuran adalah tanda dari suatu kondisi kesehatan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Jika Anda atau pasangan terdengar seperti awal film Jurassic Park di tengah malam, maka itu biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti lidah, mulut, tenggorokan, atau saluran udara di hidung yang bergetar saat Anda bernapas.

Dikutip dari The Sun, NHS mengatakan bahwa ini terjadi karena bagian-bagian tubuh Anda rileks dan menyempit saat Anda tidur. Ada beberapa faktor mengapa menjadi pendengkur, jadi ada baiknya mengatasinya terlebih dahulu. Bisa jadi mereka kelebihan berat badan, merokok, minum terlalu banyak alkohol atau tidur telentang.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Associate professor kedokteran klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California, Dr Raj Dasgupta mengatakan ada delapan hal yang harus diperhatikan saat mendengkur. 

1. Suaranya keras

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Meskipun mungkin tampak jelas, Dr Dasgupta mengatakan bahwa salah satu tanda utama dengkuran perlu diatasi, adalah jika dengkuran tersebut dapat didengar dari ruangan lain - melalui pintu yang tertutup.

"Beberapa pasangan tidur yang sangat deskriptif dari pasien saya dengan apnea tidur obstruktif menggambarkan dengkuran pasangan mereka seperti mendengarkan 'beruang sekarat' atau adegan dari 'Jurassic Park'," katanya kepada CNN.

2. Merasa lelah

Ilustrasi kelelahan

Photo :
  • U-Report

Orang yang mengalami sleep apnea akan sering merasa lelah sepanjang hari. Sleep apnea adalah kondisi tidur yang menyebabkan pernapasan berhenti berulang kali dan dimulai kembali saat Anda tidur

Gejala utamanya adalah merasa sangat lelah, sulit berkonsentrasi dan mengalami perubahan suasana hati, kata NHS.

Jika Anda tertidur saat istirahat makan siang atau saat Anda dalam keadaan santai - seperti menonton televisi, maka Anda mungkin perlu ke dokter. Penting untuk menemui dokter karena sleep apnea adalah kondisi yang berbahaya.

3. Tidak ada aliran

Banyak orang tidak tahu bahwa mereka mendengkur di malam hari - selain mereka yang terbangun dengan napas terengah-engah karena tidak ada cukup udara yang mengalir. Dr Dagupta mengatakan apnea yang diamati lebih buruk daripada mendengkur dan merupakan tanda bahaya.

Menyaksikan pasangan Anda berhenti bernapas, terengah-engah, dan mendengkur bukanlah hal yang normal dan itu adalah sesuatu yang perlu Anda temui spesialis.

4. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum dan dapat menyebabkan sesak napas, kata NHS. Orang dengan apnea tidur obstruktif akan sering menderita tekanan darah tinggi karena stres yang dialami tubuh.

Ketika Anda berhenti bernapas saat tidur, sistem saraf akan bekerja dan meningkatkan tekanan darah, melepaskan hormon stres yang secara bertahap juga akan meningkatkan tekanan darah dari waktu ke waktu.

5. Berat

Timbangan berat badan.

Photo :
  • U-Report

NHS menyatakan bahwa orang yang kelebihan berat badan akan sering mendengkur.Mereka merekomendasikan jika dengkuran seseorang semakin parah - maka mereka mencoba dan menurunkan berat badan.

Orang yang menderita sleep apnea sering kelebihan berat badan dan kesulitan tidur karena tekanan ekstra yang disebabkan oleh beban di mulut pada lidah dan leher.

Ini membuatnya lebih sulit untuk bernapas dengan mudah, tanpa mengeluarkan dengkuran raksasa.

6. Usia

Kita semua memiliki kenangan indah melihat kakek-nenek atau orang tua kita tertidur dan mendengkur keras di sofa setelah makan siang hari Minggu yang intens.

Penelitian telah menunjukkan bahwa otot melemah seiring bertambahnya usia - dengan para ahli mengatakan bahwa berusia di atas 50 tahun bisa menjadi tanda peringatan ketika mendengkur. Namun studi ini menyatakan bahwa kasus sleep apnea lebih ringan pada orang tua.

7. Ukuran leher

Dr Dasgupta mengatakan bahwa memiliki lingkar leher yang lebih besar adalah tanda kunci dari sleep apnea dan ada aturan umum untuk mengukur risiko pasangan Anda.

"Aturan praktisnya adalah selalu ukuran kerah lebih besar dari 17 inci (43 cm) untuk pria, dan lebih dari 16 inci (40,6 cm) untuk wanita akan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk sleep apnea," katanya.

8. Jenis Kelamin

Ilustrasi pria dan wanita menjalin pernikahan

Photo :
  • http://kreasijemariku.blogspot.com/

Para ahli mengatakan bahwa jenis kelamin saat lahir dapat membuat perbedaan apakah Anda akan mengalami sleep apnea atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya