Enak Semua, Ini Daftar Makanan yang Direkomendasikan untuk Diabetes

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan mempercepat perkembangan arteri yang tersumbat dan mengeras. 

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Oleh karena itu, penyandang diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk mengontrol kadar gula darahnya agar tak melonjak dan tidak berujung pada komplikasi. 

Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes, dilansir Mayo Clinic, Rabu 16 Maret 2022. 

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Karbohidrat sehat
Dalam pencernaan, gula (karbohidrat sederhana) dan pati (karbohidrat kompleks) akan dipecah menjadi glukosa darah. Untuk itu, fokuslah mengonsumsi karbohidrat sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong, dan produk susu rendah lemak seperti susu dan keju. 

Hindari karbohidrat yang kurang sehat, seperti makanan atau minuman dengan tambahan lemak, gula dan sodium. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Buah dan sayur

Photo :
  • Times of India

Makanan kaya serat
Serat makanan mencakup semua bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Serat akan memoderasi bagaimana tubuh mencerna dan membantu mengontrol kadar gula darah

Beberapa makanan tinggi serat antara lain, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. 

Ikan yang menyehatkan jantung
Konsumsilah ikan yang menyehatkan jantung minimal dua kali seminggu. Ikan seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden, kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mencegah penyakit jantung. 

Hindari ikan goreng dan ikan dengan kadar merkuri tinggi, seperti king mackerel. 

Lemak baik
Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan yang mengandung lemak baik di antaranya, alpukat, kacang-kacangan, minyak kanola, minyak zaitun dan peanut oil

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Di sisi lain, Bluder Cokro berkolaborasi dengan Tropicana Slim, meluncurkan produk Bluder Sweetened With Tropicana Slim. Inovasi ini dianggap sebagai ide yang unik karena memadukan brand produk gula rendah kalori dengan produk makanan. 

Bluder Sweetened with Tropicana Slim ini menggunakan gula Tropicana Slim classic yang rendah kalori, sehingga bisa menjadi salah satu opsi bagi customer yang sedang mengurangi konsumsi gula, tanpa harus merasa takut akan risiko gula berlebih. 

Owner Bluder Cokro, Hary Sasono, mengatakan, inovasi ini bertujuan untuk turut berkontribusi membantu meningkatkan kesehatan bagi masyarakat serta menyambut Hari Diabetes Nasional. 

"Kesehatan merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dijaga agar kita tetap bisa beraktivitas secara normal. Dan untuk menyukseskan launching produk Bluder Sweetened With Tropicana Slim ini, kami menggandeng beberapa influencer nasional," kata Hary saat peluncuran produk, Selasa 15 Maret 2022. 

Hary menambahkan, produk tersebut dipasarkan secara nasional dan bisa dengan mudah didapatkan secara offline baik di outlet Bluder Cokro dan outlet reseller, maupun secara online

"Dengan hadirnya produk terbaru kolaborasi dari Bluder Cokro dengan Tropicana Slim ini, harapannya masyarakat yang membatasi konsumsi gula dengan gula tertentu untuk menjaga kesehatan, bisa makan lebih tepat," papar Hary Sasono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya