5 Cara Memanjangkan Kuku, Jangan Mengorek Kutikula Kuku!

Dampak buruk dan tips menjaga kuku panjang
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Memanjangkan kuku memang menjadi salah satu proses yang cukup lama untuk kita tunggu selain dari memanjangkan rambut. Sehingga dibutuhkan cara memanjangkan kuku agar kuku menjadi lebih menarik. Menunggu tentunya memang selalu menyebalkan apalagi jika lama. Namun tidak seperti rambut yang kira-kira tumbuh hanya seperempat inci hingga setengah inci pada setiap bulan, kuku mungkin hanya tumbuh 2-3 milimeter dalam waktu yang sama, kata dermatolog atau dokter spesialis kulit Oma N. Agbai, MD. 

5 Tips Pakai Kuteks Biar Gak Beleberan, Udah Kayak Profesional

Jadi apa yang harus dilakukan? Tidak ada cara untuk mendapatkan kuku panjang dalam waktu kurang dari satu jam atau bahkan dalam beberapa hari saja. Tidak banyak yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mempercepat prosesnya. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat membantu mendorong pertumbuhan kuku yang sehat.  Mengutip dari Cosmopolitan, berikut ini sejumlah tips yang akan diberikan sebagai cara memanjangkan kuku dengan cepat dan sehat.

1. Memberi nutrisi pada kuku

Rahasia Kuku Cantik: Perawatan Alami untuk Kuku yang Lebih Kuat dan Sehat

4 Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Berkilau

Photo :
  • U-Report

Nutrisi menjadi suatu hal yang penting untuk rutinitas apapun sehingga kita harus memasukkan makanan sehat agar tubuh bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Kamu harus lebih banyak memakan makanan yang mengandung protein dan berbagai buah serta sayuran sebagai kunci untuk menjaga kesehatan kuku melalui nutrisi. Makanlah makanan seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran yang dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan kuku yang sehat. 

Hati-hati, Kuku Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronik Diabetes, Jantung hingga Kanker

2. Melakukan perawatan pada kuku

Ilustrasi perawatan kuku atau manikur

Photo :
  • Istimewa/Amore Salon

Memakai kuku kutek memang tidaklah buruk, tetapi jika kamu menghapus kutek kuku dengan cara yang benar, maka kuku mungkin menjadi tidak sehat. Salah satu cara untuk memulihkan kuku yang rusak adalah dengan melakukan perawatan kuku atau penguatan kuku. Bahan utama yang harus dicari adalah asam pantotenat, yang menurut penelitian dapat membantu menjaga kuku tetap fleksibel dan tidak mudah patah dan mungkin juga membantu memanjangkan kuku. 

3. Menjaga kuku tetap bersih dan kering

Kuku cantik.

Photo :
  • U-Report

Kelembaban yang berlebihan dalam waktu yang lama (seperti basah di dalam sarung tangan yang telah kamu pakai selama berjam-jam) dapat meningkatkan risiko infeksi yang menurut Dr. Agbai dapat mempengaruhi pertumbuhan kuku kamu secara total. Selain itu, jika kamu berpikir bahwa memanjangkan kuku adalah proses yang menyakitkan, kamu belum mengalami yang namanya kuku terinfeksi. Jadi, tetaplah menjaga kuku agar selalu bersih dan kering.

4. Berhentilah mengorek kutikula 

Ilustrasi menggigit kuku.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu memang ingin kukumu cepat panjang, berhentilah untuk memetik, menggigit, merobek atau segala hal yang kamu lakukan. Karena kebiasaan yang kamu lakukan pada kutila tersebut berisiko menyebabkan kerusakan pada kuku dan kutikula di sekitarnya. Dr Agbai menjelaskan bahwa agar kuku tetap sehat, kulit di sekitar kutikula juga harus sehat. 

5. Zat besi yang tercukupi 

Dampak buruk dan tips menjaga kuku panjang

Photo :
  • U-Report

Jika kamu membaca rincian suplemen kuku yang sangat informatif, kamu pasti tahu bahwa nutrisi lain yang dapat memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan kuku yakni adalah zat besi. Untuk membuat kukumu sekuat besi, kamu tentu akan membutuhkan zat besi. Jika kamu mengalami kuku yang rapuh dan patah, kunjungi dokter untuk menguji kadarnya dan lihat apakah kamu mengalami kekurangan zat besi yang dapat mencegah kamu untuk memanjangkan kuku. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya