Hati-hati, Kuku Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronik Diabetes, Jantung hingga Kanker

Ilustrasi jantung.
Sumber :
  • Eat This

JAKARTA – Tidak hanya kulit, kuku juga diketahui dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Ada berbagai jenis penyakit kronis yang bisa terdeteksi melalui kuku. 

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Kok bisa kuku menggambarkan kondisi kesehatan seseorang? Spesialis dermatologi, venereologi dan estetika, dr. Deasy Thio, Sp.D.V.E, FINSDV angkat bicara. Scroll lebih lanjut ya.

"Seperti kulit kalau kulit kita tidak sehat pasti keliatan ada masalah dengan tubuh kita. Kuku itu abnesa kulit, jadi kalau ada apa-apa di kuku akan kelihatan dari kesehatan kita," katanya dalam program Hidup Sehat bersama dr. Ekles, Jumat 15 Desember 2023.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Lebih lanjut, diungkap oleh Deasy, ada bermacam-macam penyakit yang bisa dilihat dari kondisi kuku. Mulai dari peradangan usus, tiroid, nutrisi, diabetes hingga COVID-19.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

"Macam-macam seperti peradangan usus keliatan dari kuku atau tiroid bisa keliatan dari kukunya. kurang gizi apalagi, nutrisi kurang kuku berantakan. COVID diabet, jantung, ginjal akan keliatan dari kuku kita," jelas dia.

Seperti contoh, kondisi kuku seperti sendok, bisa menandakan anemia. Hingga adanya kotoran di bawah kuku bisa menandakan psioriasis. 

"Kayak spoon kuku kan cembung biasanya cekung, jadi kalau ada air itu ketampung. Pada anak atau dewasa (kondisi itu) kurang zat besi. Kukunya rapuh ada titik suka ada kuning di kuku, ada kotoran di bawah kuku itu penyakit psioriasis. Atau kuku warnannya kehijauan bisa bakteri," jelasnya.

Ilustrasi kuku rapuh

Photo :
  • Times of India

Tak hanya itu saja, ada beberapa tanda lain yang menunjukkan seseorang mengidap penyakit kronis yang dapat dilihat dari kuku. Misalnya kuku bergelombang bisa jadi tanda diabetes.

"Tandanya ada penyakit kronik di badan kita yang sebabkan kuku tumbuh melambat. Jadi tumbuhnya seperti gelombang seperti jalanan. Ada yang bergelombang atau satu gelombang saja. Kemudian karena sakit kronis berkepanjang bisa diabetes, covid atau demam berkepanjangan atau bisa juga trauma tertentu," ujar dia.

Selain itu, garis hitam di kuku juga bisa jadi pertanda penyakit kanker kulit.

"Garis hitam ini  bisa bahaya atau enggak. Kalau hitamnya satu lurus seragam warnanya kayak tai lalat di kuku. Lalau garis hitamnya bermacam-macam ada warna coklat, coklat muda, hitam, sampai di bawah kuku itu tanda-tanda kanker kulit," jelas dia.

Sementara itu, terkait dengan kuku yang sehat. Deasy menyebut kuku sehat itu akan berwarna pink lantaran pembuluh darah yang terlihat. 

"Kuku kita jernih bersih warnanya akan warna tidak mudah patah, pinggirannya akan mulus, kayak ada bulan sabit. Pinggirannya tidak ada merah, tidak ada menebal," jelasnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya