Batuk Pilek, Radang Tenggorokan Lebih Dari 5 Hari, Waspadai Penyakit Ini

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

JAKARTA –Memasuki penghujung tahun, perubahan cuaca ekstrem sering terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya adalah hujan disertai angin kencang. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Hujan yang terjadi di penghujung tahun ternyata bukan hanya menyebabkan sejumlah masalah seperti banjir. Tetapi juga menyebabkan terjadinya penyakit seperti batuk, pilek dan radang tenggorokan

Mengapa demikian? Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik Infeksi, dr. Robert Sinto, Sp.PD,K-PTI menjelaskan bahwa radang tenggorokan, batuk itu terjadi lantaran infeksi virus. Infeksi virus ini umumnya terjadi pada perubahan musim.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Dijelaskan oleh Robert di musim penghujan ada perubahan karakter udara jadi lembab. Udara lembab itu menyebabkan virus mudah berkembang. 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Selain itu, perilaku masyarakat di musim penghujan juga berubah. Jika musim panas masyarakat akan sering membuka jendela agar terjadi sirkulasi udara panas keluar. Dengan jendela yang terbuka membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah.

"Kalau penghujan jendela tertutup sinar matahari tidak langsung terekspose ke dalam. Padahal sinar matahari itu musuh untuk kuman-kuman di lingkungan rumah. Hal itu yang sebabkan di musim penghujan kasus infeksi karena virus yang manifestasinya batuk, pilek jadi lebih sering dijumpai,"ujar dia dalam program Hidup Sehat berama dr. Ekles di tvOne, Jumat 15 Desember 2023. 

Sementara itu, diungkap Robert umumnya batuk, pilek dan radang tenggorokan dapat sembuh sendiri. Dengan periode yang berlangsung selama 5-7 hari. 

"Kalau karena virus 5-7 hari bisa sembuh sendiri. Cukup beri obat untuk mengurangi gejala dia sembuh sendiri. Tapi kalau diperberat dengan infeksi bakteri bisa butuh lebih lama mungkin dibutuhkan antibiotik ini harus ditelaah oleh dokter," kata dia.

Sementara itu, masyarakat perlu langsung ke dokter jika batuk, pilek dan radang memburuk di hari ketiga. Dengan indikator perubahan warna dahak dan ingus.

"Kalau 3-4 hari keluhan membaik tidak perlu ke dokter cukup pakai obat warung. Tapi kalau lihat dalam tiga hari memburuk, ada perubahan warna dari ingus dahak harus antisiapsi ke dokter apa ini jangan-jangan karena bakteri," kata dia.

Dia menambahkan,"Sekarang kalau lihat di media Malaysia Singapura laporkan COVID-19 meningkat. Jangan-jangan batuk pilek biasa itu ternyata COVID kalau kena ke orang komorbid bisa berat. Atau Mycoplasma, kalau disertai sesak perlu diwasapadai. Demam batuk saja 3 hari aman di rumah, tapi kalau ada sesak berkepanjangan segera ke dokter," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya